Banjir di Ujungjaya Meluas

Sumber:Pikiran Rakyat - 04 Januari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
(PR).- Banjir akibat luapan air sungai di Kec. Ujungjaya, Kab. Sumedang, meluas. Banjir di Ujungjaya yang sehari sebelumnya sempat melanda permukiman penduduk dan areal sawah di Dusun Borojol, Desa Sukamulya, mulai Kamis (3/1) pagi bergeser ke arah muara Sungai Cihaur dan menggenangi areal sawah penduduk di Desa Kudangwangi, dekat Sungai Cimanuk, masih di wilayah kecamatan tersebut.

Camat Ujungjaya, Drs. Denny Tanrus, Kamis (3/1), mengatakan, jika di bagian hulu Sungai Cihaur yang bermuara ke Cimanuk serta di bagian hulu Cimanuk sendiri terjadi hujan lebat terus-menerus, diperkirakan kira-kira 400 hektare areal sawah berisi tanaman padi muda di Cikudangwangi akan terendam seperti halnya sawah di Dusun Borojol. Bahkan, mulai Kamis pagi kemarin, 100 ha di antaranya sudah tergenangi dan sebagian terendam banjir.

Menurut Denny, sumber banjir yang mengancam dan mulai menggenangi areal sawah di Desa Cikudangwangi berasal dari Sungai Cimanuk. Air dari Sungai Cimanuk di sekitar titik pertemuan muara Sungai Cihaur dan Cipelang itu meluap dan berbalik arah masuk ke areal persawahan di Desa Cikudangwangi. Penyebabnya, di sebelah hilir Cimanuk terdapat pendangkalan sehingga arus airnya tidak lancar.

"Sedangkan arus air yang masuk dari Sungai Cihaur di sekitar itu, dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan cukup tinggi. Air yang terhambat itu pun, akirnya meluap dan berbalik arah masuk ke areal sawah di Cikudangwangi," ujar Denny.

Sementara itu, genangan air yang sempat berhari-hari merendam puluhan rumah dan kira-kira 100 ha sawah penduduk di Dusun Borojol, Desa Sukamulya, sebelah hulu Sungai Cihaur dari Desa Cikudangwangi, Kamis (3/1) sudah mulai surut. Pucuk-pucuk tanaman padi pada areal sawah di Borojol yang sehari sebelumnya terendam genangan banjir menyerupai danau, kemarin sudah mulai terlihat muncul di atas permukaan genangan itu.

"Mudah-mudahan saja air Sungai Cihaur tidak meluap lagi, sehingga air yang merendam sawah di Dusun Borojol itu pun bisa segera surut kembali," ungkap Kades Sukamulya, Nana Suhana.

Sebelumnya diberitakan, sebagian warga di Dusun Borojol, Desa Sukamulya, Kec. Ujungjaya, Kab. Sumedang, pada Selasa (1/1) malam hingga Rabu (2/1) pagi hampir semalam suntuk terpaksa harus begadang dan berjaga-jaga dari ancaman banjir. Hal itu menyusul terjadinya luapan air dari Sungai Cihaur yang menggenangi lingkungan permukiman warga di dusun tersebut. (A-91)



Post Date : 04 Januari 2008