Banjir di Makassar Meluas

Sumber:Indo Pos - 02 Januari 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MAKASSAR - Banjir yang melanda Makassar semakin luas. Kalau sebelumnya air menggenangi 25 titik di 14 kecamatan, kemarin bertambah menjadi 35 titik. Selain itu, tinggi permukaan genangan air pun meningkat dari 60 menjadi 70 sentimeter.

Naiknya permukaan air tersebut menyebabkan genangan yang semula hanya ada di jalan-jalan mulai masuk ke dalam rumah penduduk. Di Kecamatan Rappocini, misalnya, puluhan rumah di Perumahan Minasa Sari mulai terendam air. Di Kelurahan Banta-bantaeng, Kecamatan Rappocini, lebih parah, sekitar 400 rumah terendam.

Kepala Kantor Kecamatan Rappocini H Hasan Basri Ambarala mengatakan, ada berbagai hal yang menjadi penyebab sehingga banjir semakin parah di wilayahnya. Salah satunya adalah hujan yang terus turun dengan intensitas lebih tinggi. Kondisi itu membuat drainase tidak mampu menampung air hujan sehingga meluap dan menggenangi daerah di sekitarnya.

Hasan menampik dugaan bahwa banjir itu disebabkan pendangkalan dasar drainase. "Jauh hari kami telah melakukan pengerukan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar," katanya.

Situasi yang sama juga terjadi di Kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalanrea, dan Ujung Tanah. Di Tamalanrea, genangan air terus naik di perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Jika sebelumnya air di BTP masih bisa bergerak menuju ke drainase, kini air mulai stagnan. Jika hujan terus mengguyur Makassar tanpa jeda, dikhawatirkan air di BTP akan naik dan menggenangi ratusan rumah.(sul/jpnn)



Post Date : 02 Januari 2007