Banjir di Kalsel Meluas

Sumber:Media Indonesia - 23 November 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANJARMASIN (Media): Banjir yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meluas akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah itu. Setelah Kabupaten Tabalong dan Barito Kuala, banjir kini melanda Kabupaten Tanah Laut.

Banjir di Kabupaten Tanah Laut menggenangi tiga kelurahan di Kecamatan Pelaihari, yaitu Pelaihari, Sarang Alang, dan Karang Taruna. Sedikitnya 400 rumah penduduk terendam hingga setinggi 1,5 meter akibat meluapnya Sungai Pintu Air.

''Banjir terjadi sejak tengah malam (Rabu, 21/11) setelah hujan turun tiada henti selama lima jam,'' kata Sekretaris Satuan Pelaksana Penanganan Bencana (Satlak PB) Tanah Laut Taufik Kuderat, kemarin.

Tim Satlak PB setempat telah memberikan bantuan perahu karet dan perahu tradisional untuk memudahkan transportasi warga. Meski banjir mencapai 1,5 meter, belum ada warga yang mengungsi karena hampir seluruh rumah yang terkena banjir berbentuk panggung.

Menurut Taufik, pihaknya kini terus memantau wilayah rawan banjir lain di sepanjang aliran Sungai Jorong dan Sungai Asam-asam di Kecamatan Kintap dan Jorong. Air di dua sungai itu, hingga berita ini diturunkan, belum meluap.

Banjir di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, dan Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala, juga belum surut. ''Seluruh perangkat Satlak PB kami siapkan guna mewaspadai ancaman bencana banjir lebih besar karena tingginya curah hujan akhir-akhir ini,'' kata Sekretaris Satlak PB Tabalong Marzuki Hakim.

Sementara itu, 41 hektare (ha) sawah di Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, tidak mendapat pasokan air karena saluran irigasi Wora-Wari yang berada di desa tersebut jebol sepanjang 1 kilometer karena tergerus oleh aliran Sungai Kupang yang mengalir di dekatnya. Air di saluran irigasi yang seharusnya untuk lahan sawah di Desa Brokoh tidak sampai ke lokasi.

Di sisi lain, bahu jalan di jalur pantai utara (pantura) ruas Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, amblas akibat diguyur hujan. Dinas Bina Marga Jawa tengah hingga kemarin masih memperbaiki jalur tersebut dengan memasang beton penahan sebanyak 100 batang. Pemasangan dikerjakan PT Duta Mas Indah. (DY/AS/JI/N-1).



Post Date : 23 November 2007