Banjir di Dairi Tewaskan Dua Orang

Sumber:Kompas - 24 November 2009
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Medan, Kompas - Banjir Sungai Lau Pondom di Desa Silalahi, Kecamatan Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Minggu (22/11), menewaskan dua orang. Banjir juga menghanyutkan empat rumah yang berada tak jauh dari sungai.

Menurut Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Sumatera Utara Eddy Syofian, Senin (23/11) di Medan, korban boru Silalahi (53) dan anaknya yang berumur 15 tahun tewas terseret arus Sungai Lau Pondom yang tiba-tiba meluap. Luapan sungai kecil itu juga menghanyutkan empat rumah.

Eddy mengatakan, saat ini Pemkab Dairi bersama aparat Kecamatan Silalahi sudah mengevakuasi warga yang tinggal di tepi sungai, termasuk keluarga pemilik empat rumah yang hanyut. Walau kini air Sungai Lau Pondom telah surut, warga diimbau berhati-hati. Curah hujan cukup tinggi berpotensi menimbulkan banjir susulan serta tanah longsor.

Di Jawa Timur, Kabupaten Lumajang dan Jember termasuk dalam kategori tertinggi daerah rawan banjir pada bulan November ini. Curah hujan tinggi di Gunung Argopuro dikhawatirkan menjadi banjir bandang jika sungai di sekitarnya tak mampu menampung air.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Jatim Mustofa Chamal Basya berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional, dan Departemen Pekerjaan Umum.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, untuk mengatasi banjir bandang dibangun beberapa embung agar air tak langsung melanda daerah lembah.

Di Kabupaten Bandung, terutama di Desa Baleendah, Kecamatan Baleendah, korban banjir mulai terserang gatal dan diare karena sanitasi lingkungan buruk dan minim air bersih.

Longsor

Longsor di Dukuh Sigedong, Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jateng, Minggu dini hari, menyebabkan dua rumah rusak tertimpa longsoran tebing. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Brebes Lis Guntoro menyatakan, tak ada korban dalam peristiwa itu.

Longsor juga mengancam warga Dusun Manikmoyo, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Sementara itu, tanah longsor di Desa Giyombong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, yang menutup jalan utama desa menuju Kecamatan Bruno, Senin, mulai dibersihkan. (BIL/ABK/REK/MHF/WIE/GAL/EGI)



Post Date : 24 November 2009