Banjir di Aceh, 4.000 KK Mengungsi

Sumber:Media Indonesia - 11 Desember 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

SEDIKITNYA 4.000 kepala keluarga (KK) warga dua kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, mengungsi akibat banjir bandang yang melanda daerah tersebut. 

''Mereka mengungsi ke lokasi yang lebih aman pada sejumlah titik di pinggir-pinggir jalan desa dengan membuat tenda darurat," kata Syahbuddin, staf Dinas Sosial Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang berada di lokasi banjir, Aceh Singkil, kemarin.

Banjir bandang menggenangi rumah penduduk di Kecamatan Singkil Lama dan Singkil Kota hampir 1 meter. Hal itu akibat meluapnya Sungai Lae Soraya dan dan Lae Cenendang. Daerah tersebut sepekan ini diguyur hujan lebat secara terus-menerus.

"Selain Aceh Singkil, dua kecamatan di Aceh Selatan kini juga dilanda banjir. Namun, keadaan air mulai surut. Puluhan keluarga yang mengungsi masih bertahan di rumah teman dan sanak keluarga mereka masing-masing," katanya.

Sementara itu, akibat banjir di Kota Tanjung Balai, Sumatra Utara, lebih dari 3 ribu rumah di 15 kelurahan dalam tiga kecamatan terendam dengan ketinggian air sekitar 50 sentimeter. Banjir akibat meluapnya Sungai Silo dan Asahan ini merupakan yang terparah sejak 2001.

Banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum, seperti sekolah dan tempat ibadah. Ratusan hektare lahan pertanian juga hancur akibat banjir. Sejauh ini, aktivitas warga masih lumpuh karena jalan-jalan juga tidak bisa diakses. Namun, warga belum mau mengungsi karena berharap banjir lekas surut.

Di sisi lain, jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, dengan Timor Leste lumpuh akibat banjir yang memutus jembatan dan jalan yang menghubungkan dua wilayah tersebut.

Dari Tuban, Jawa Timur, dilaporkan sedikitnya 40 ha tanaman padi siap panen terancam gagal panen. Genangan banjir, terutama di areal persawahan di enam desa di Kecamatan Rengel dipastikan memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, area yang tergenang banjir tergolong daerah dataran rendah.

Sawah di dua desa, yakni Sikampuh dan Mujur Kidul, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir setelah hujan deras mengguyur dalam dua hari terakhir. (MR/BS/YK/PO/LD/N-2)



Post Date : 11 Desember 2008