Banjir Bandang Landa Aceh Jaya

Sumber:Surya Pos - 21 Oktober 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Banda Aceh - Belasan ribu rumah penduduk tersebar di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Jaya saat ini dilaporkan terendam air, menyusul hujan lebat yang mengguyur pantai barat selatan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sejak beberapa hari terakhir.

Muhammad Adan (35), salah seorang tokoh masyarakat Aceh Jaya kepada ANTARA di Banda Aceh, Senin, menyebutkan banjir mulai menggenangi permukiman penduduk sejak Minggu (19/10) siang setelah beberapa sungai besar meluap akibat diguyur hujan lebat selama tiga hari terakhir secara terus menerus.

Banjir terparah terjadi di Kemukiman Pantee Purba/Ligan, Kecamatan Sampoiniet, setelah air Krueng Ligan melimpah, sehingga sejumlah warga setempat kini telah meninggalkan rumah mengungsi ke masjid dan menasah Desa Gunung Tinggi, namun tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

"Banjir terus meluas karena hingga Senin (20/10) siang hujan deras masih mengguyur wilayah Aceh Jaya," kata Muhammad Adan.

Warga Aceh Jaya lainnya, Muspardi menyebutkan banjir bukan saja di Kemukiman Pantee Purba/ligan, tapi juga merambah Desa Suak Beukah, Patek Lama, Alue Groe serta wilayah Kecamatn Setia Bakti, sehingga transportasi darat Banda Aceh ke pesisir barat selatan Aceh nyaris lumpuh.

Banjir yang melanda hampir semua wilayah di sepanjang jalan raya lintas pesisir yang menghubungkan Banda Aceh-Calang, ibukota Kabupaten Aceh Jaya itu merupakan terburuk pasca tragedi tsunami 26 Desember 2004.

Menurut Muspardi, di beberapa titik ketinggian air hampir mencapai 80 cm sehingga banyak kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor dari arah Aceh Jaya tujuan Banda Aceh yang terjebak ditengah jalan, sedang mobil barang dan bis umum masih beroperasi.

Keadaan cuaca di wilayah Aceh Jaya hingga kini masih diguyur hujan lebat. Sementara bantuan pemerintah Aceh Jaya belum diterima masyarakat.

"Saya belum tahu persis jumlah pengungsi banir di Kemukiman Pantee Purba/Ligan, namun sejumlah warga telah tidur di masjid dan menasah sejak Minggu (19/10) malam," kata Muhammad Adan.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Jaya Zamzami A. Rani, mengakui sejumlah desa di daerahnya kini dilanda banjir akibat diguyur hujan lebat yang terjadi selama beberapa hari terakhir ini.

"Saya mendapat laporan, sejumlah rumah penduduk di wilayah Kecamatan Jaya sudah terendam air, namun sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi," katanya. /ant



Post Date : 21 Oktober 2008