Banjir Ancam Situbondo

Sumber:Koran Sindo - 08 Januari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
SITUBONDO(SINDO)-Data Stasiun Meteorologi Kelas III Banyuwangi yang juga membawahiSitubondodansekitarnya, menyebutkan di beberapa daerah di Situbondo berpotensi tinggi sehingga banjir akan terus mengancam.

Curah hujan di sekitar Karesidenan Besuki dalam 1-2 hari ke depan ratarata skalanya masih rendah sampai sedang, jelas Kordinator Kelompok Teknis StasiunMeteorologiKelasIIIBanyuwangi Mawardi,kemarin. Sementara itu, antisipasi bencana juga dilakukan di Banyuwangi. Bahkan, Polres juga ikut menyiagakan personelnya terkait cuaca yang tidak menentu.Wakapolres Banyuwangi Kompol Denny Setya Nugraha Nasution mengaku sudah menginventarisir peralatan penanggulangan bencana untuk antisipasi apabila terjadi bencana.Aparat TNI juga dilibatkan dalam penangggulangan bencana.

Sekretaris Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kab Banyuwangi yang juga Plt Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial,Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesoskesbanglinmas) Setyo Harsono menjelaskan telah memetakan daerah rawan bencana.Kita telah lama memiliki pemetaan daerah rawan bencana sesuai dengan karakter daerahnya, ujarnya. Daerah yang selama ini rawan bencana longsor,misalnya di Kec Licin dan Purwoharjo.

Sedangkan yang rawan tsunami adalah wilayah yang berada di Pantai Selatan seperti Kec Pesanggaran,Purwoharjo dan Tegal Dlimo. Selain potensi longsor dan gelombang pasang, Banyuwangi juga rawan angin puting beliung. Setyo menambahkan bahwa petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana), Safety and Rescue (SAR) dan perangkat komunikasi seperti orari telah disiagakan. (ishomuddin)



Post Date : 08 Januari 2008