Banjir Ancam Siswa SMA/MA tak Ikuti US

Sumber:Pikiran Rakyat - 03 Mei 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Sejumlah sekolah di Kec. Baleendah dan Dayeuhkolot, Kab. Bandung , mengkhawatirkan para siswa kelas XII tidak masuk mengikuti ujian sekolah (US), akibat terhalang banjir. Saat banjir besar Sabtu lalu (28/4), hampir 50% siswa SMAN 1 Dayeuhkolot tidak masuk sekolah akibat rumah mereka terendam banjir.

Kekhawatiran tersebut, diungkapkan Kepala SMAN 1 Baleendah, Drs. H. Tjahra Sumpena dan Kepala SMAN 1 Dayeuhkolot, Drs. Adang, Rabu (2/5) di ruang kerjanya. Ujian Sekolah SMA/MA dilaksanakan serentak mulai Senin-Kamis (7-10/5) ini, kata H. Tjahra.

Ketika banjir melanda Kec. Baleendah dengan puncaknya Sabtu pekan lalu, tercatat 28 siswa dari 332 siswa kelas XII SMAN 1 Baleendah tidak masuk. Mereka ada terpaksa tinggal di rumah atau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Kami khawatir, banjir kembali melanda Baleendah. Banjir itu, bisa akibat hujan deras maupun air kiriman dari hulu Citarum dan Kota Bandung, tutur H. Tjahra menambahkan.

Kekhawatiran yang sama, juga diungkapkan Drs. Adang. Apalagi saat banjir Sabtu pekan lalu, hampir 50% dari 450 siswa SMAN 1 Dayeuhkolot tidak masuk sekolah. Siswa yang tidak masuk karena banjir mencapai 225 anak dari jumlah siswa SMAN 1 Dayeuhkolot 450 anak, ucapnya.

US susulan

Meski ujian nasional (UN) pada pertengahan April lalu berjalan lancar, namun siswa kelas XII harus mengikuti US mulai Senin pekan depan. Kalau banjir datang lagi, kemungkinan besar banyak siswa kelas XII yang tidak bisa ikut US. Mereka terpaksa ikut US susulan dari 14-18 Mei, tutur Adang.

Sebagai bentuk keprihatinan kepada korban banjir, para siswa, guru, dan karyawan SMAN 1 Baleendah mengumpulkan uang, mi instan, dan pakaian layak pakai. Para siswa rata-rata menyumbang Rp 1.000,00 ditambah dengan sumbangan guru dan karyawan sehingga terkumpul uang Rp 1,174 juta, 10 dus mi, dan 5 dus pakaian, kata Tjahra.

Sumbangan para siswa tersebut diserahkan kepada Camat Baleendah, Terry Rusinda, Rabu kemarin di kantor Kec. Baleendah. Kami berharap agar sekolah-sekolah lain ikut peduli membantu para korban banjir, katanya.(A-71)



Post Date : 03 Mei 2007