Banjir Ancam Kalteng

Sumber:Banjarmasin Post - 14 November 2006
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Palangka Raya, BPost Memasuki musim hujan masyarakat Kalteng, khususnya yang berada di bantaran sungai dan dataran rendah diingatkan untuk waspada terhadap bahaya banjir.

Kepala BMG Tjilik Riwut Hidayat, Senin (13/11), mengatakan, daerah rawan banjir di Kalteng yakni Barito Selatan (Barsel), Barito Utara (Barut), Murung Raya (Mura), Kapuas, Pulang Pisau dan Palangka Raya.

Banjir diperkirakan datang pada 2007, didasarkan atas perhitungan siklus curah hujan di Kalteng yang mengalami puncaknya pada April.

Tanda-tanda tersebut sudah mulai tampak dengan meningkatnya curah hujan Muri Raya dan Sampit, tidak terkecuali di Kota Palangka Raya.

Dia mengaku, curah hujan di enam daerah tersebut akan lebih meningkat dibanding saat banjir serupa Januari 2006 lalu, sehingga bahaya yang ditimbulkan lebih besar.

Volume air yang banyak dengan arus yang cukup desar bisa membuat sungai-sungai seperti DAS Barito dan Kahayan melimpah dan menggenangi kota-kota yang secara geografis berada di dataran rendah.

"Saya berharap agar masyarakat Kalteng waspada dengan tingginya curah hujan ini," ujar Hidayat.

Sementara Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengatakan, telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh bupati dan walikota se-Kalteng untuk mengantisipasi datangnya banjir. ck1/tur

Post Date : 14 November 2006