Bangun Jaringan Air Bersih

Sumber:Indopos - 28 Mei 2008
Kategori:Air Minum

SIDOARJO - Desa-desa sekitar luapan lumpur tidak akan lagi krisis air bersih. Di desa-desa itu akan dibangun jaringan pipa air bersih dan sumur artesis. Pemkab Sidoarjo menyerahkan pengelolaan air kepada warga desa masing-masing.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sulaksono mengatakan, pembangunan jaringan irigasi dan sumur bor itu bertujuan menyediakan air bersih kepada warga. Di antaranya, desa-desa yang terdampak lumpur. Sebagian air bawah tanah di desa tersebut berubah jadi asin. Diduga, perubahan itu terjadi akibat pengaruh resapan air dari luapan lumpur di tanggul-tanggul.

Karena itulah, tahun ini PU Cipta Karya membangun jaringan air bersih di Kecamatan Tanggulangin dan Jabon. Juga, mengebor sumur untuk mendapatkan air artesis. Jaringan air bersih dan sumur bor, antara lain, dibangun di Desa Kupang, Kedungrejo, Kedungpandan, dan Semambung, Kecamatan Jabon. Lalu, Desa Putat, Penatarsewu, dan Sentul, Kecamatan Tanggulangin.

"Satu desa akan mendapatkan satu titik sumur bor," kata Sulaksono. Satu titik sumur ditargetkan cukup untuk 100 kepala keluarga (KK).(nuq/roz)
 



Post Date : 28 Mei 2008