Australia Sumbang Jaringan Air Bersih

Sumber:Jurnal Nasional - 10 Juli 2012
Kategori:Air Minum

Pemerintah Australia melalui The Australian Agency for International Development (AAID) membantu penyediaan jaringan air bersih di wilayah Krisis air Cilacap Jawa Tengah. Program tersebut melibatkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat dengan sasarannya 5 desa krisis air di Kecamatan Kawunganten.

Direktur PDAM Cilacap Bambang Riyadi menjelaskan, 5 desa tersebut masing-masing adalah Bojong, Kubangkangkung, Grugu, Bringkeng dan Desa Ujungmanik. “Setiap musim kemarau 5 wilayah itu selalu mengalami kekeringan parah. Tetapi jika musim hujan, desa-desa tersebut justru dilanda banjir karena sistem resapannya yang tidak berfungsi," kata Bambang, Senin (9/7) kemarin.

Sesuai dengan rencana, distribusi air akan memanfaatkan jalur instalasi air bersih Menganti-Kedungreja. Jalur tersebut memiliki kapasitas 80 liter per detik dan baru dimanfaatkan sekitar 65 liter per detik. Diharapkan sebelum perayaan Idul Fitri mendatang, jaringan air bersih sudah bisa dimanfaatkan warga di lima desa itu.

"Sementara ini memang masih menunggu MoU antara pemerintah Australia dengan para kepala daerah penerima program termasuk Kabupaten Cilacap. Namun sesuai dengan rencana program, pembuatan instalasi pipa bisa dilakukan lebih awal. Saat ini sudah mencapai 30 persen," ujar Bambang.



Post Date : 10 Juli 2012