Australia Bantu Sanitasi 22 Kota

Sumber:Investor Indonesia - 27 Oktober 2010
Kategori:Sanitasi

Pemerintah Australia akan membantu pemerintah Indonesia memberikan sanitasi yang lebih baik kepada penduduk di 22 kota dalam upaya memperbaiki program sanitasi perkotaan.

Direktur Infrastruktur AusAid Ben Power dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu mengatakan, bupati dan walikota dari 22 pemerintah daerah akan berkumpul di Jakarta, untuk menandatangani Naskah Penerusan Hibah dari Australia senilai US$ 6 juta.

“Hibah ini akan memungkinkan pemda membangun saluran pembuangan dan pengelolaan air limbah perkotaan, sambungan ke sistem pembuangan air limbah, sumur WC dan WC umum, layanan pengumpulan limbah pada dan fasilitas daur ulang limbah padat,” katanya.

Ben Power mengatakan, proyek ini merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah yang menunjukkan komitmen kuat untuk mengupayakan infrastruktur sanitasi yang lebih baik.

"Membantu Indonesia memperbaiki sanitasi adalah penting bagi Australia,"ujarnya.

"Kami bangga dapat terlibat dalam sebuah proyek yang memperhatikan masyarkat miskin perkotaan dan menjadikan hidup mereka lebih sehat dan lingkungan oleh aman," tambahnya.

Melalui kesepakatan baru ini, maka pemerintah pemerintah kabupaten akan mendapatkan bantuan dana hibah dari Australia berkisar antara Rp 500 juta sampai Rp 4,8 miliar/daerah. (gor/ant)



Post Date : 27 Oktober 2010