Asyiiikk... Bisa Minum Gratis di Halte Transjakarta!

Sumber:Kompas - 27 Agustus 2008
Kategori:Air Minum

JAKARTA, RABU — Kabar baik bagi para pengguna bus transjakarta. Badan Layanan Umum Transjakarta Busway bekerja sama dengan PT Sincere Store dan PT Yamaha Motor Indonesia menguji coba drinking fountain water di 3 halte busway.

Drinking fountain water merupakan fasilitas air minum bagi para pengguna bus transjakarta. Sebagai uji coba, fasilitas tersebut tersedia di Halte Karet, Dukuh Atas 2, dan Kuningan (Pasar Festival-dalam proses) selama 2 bulan.

Peresmian di dua halte, Karet dan Dukuh Atas 2, diadakan pada hari Rabu (27/8) ini. Perangkat drinking fountain water sudah digunakan di sejumlah tempat, seperti hotel, kawasan industri, dan perumahan di Jabotabek sejak tahun 1992.

Proses kerja alat ini, dengan sumber air yang ada, kemudian dialirkan ke alat yang disebut Makro Filter OH 300 yang kelayakannya telah diuji sesuai standar Depkes sesuai Peraturan Menteri Nomor 416/Menkes/Per/IX/90 mengenai air bersih dan standar Depkes Nomor 907/Menkes/SK/VII/2002 untuk air minum (uji mikrobiologi).

"Air ini sudah layak diminum karena sudah melalui pemeriksaan air baku yang ketat setelah proses makro filter dan mikrobiologi. Di Karet, sudah ada sumber air yang kualitasnya cukup bagus dan sudah bersertifikat halal," kata Sugeng, Marketing Manager Sincere Store, dalam jumpa pers di Jakarta.

Manager Sarana dan Prasarana Badan Layanan Umum Transjakarta Busway Taufik Adiwiyanto mengatakan, pengadaan fasilitas air minum ini diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada para pengguna transjakarta.

"Kalau siang-siang panas, wajahnya jadi enggak berkerut lagi karena kehausan. Di dua halte dan satu halte yang lagi proses kami sudah menyediakan fasilitas air siap minum. Kami berharap dengan adanya fasilitas ini dapat memberikan layanan yang lebih baik," kata Taufik.

Pilihan terhadap Halte Karet, Dukuh Atas 2, serta Kuningan, dengan pertimbangan di halte-halte tersebut jumlah penumpang cukup besar, mencapai 1.000 orang per hari. Ke depannya, pengadaan fasilitas ini akan dievaluasi. Jika mendapat respons baik dan mendatangkan manfaat akan diperluas di halte lainnya. Inggried Dwi Wedhaswary



Post Date : 27 Agustus 2008