Antisipasi Banjir, Tumpang Tata Drainase

Sumber:Indo Pos - 08 Agustus 2005
Kategori:Drainase
MALANG- Mengantisipasi musim penghujan Oktober-Nopember depan, Pemerintah Kecamatan Tumpang pekan ini akan segera melakukan penataan lingkungan. Penataan terutama difokuskan di daerah perkotaan.

Pada sosialisasi yang dilakukan hari ini di hadapan anggota Muspika Tumpang, Camat Tumpang Suwito mengatakan bahwa upaya penataan lingkungan akan diawali dengan melakukan pavingisasi di sepanjang Jl Ronggowuni. Berikutnya, membangun drainase atau penyediaan saluran air disepanjang jalan Candi Jago. Dan terakhir, melakukan penghijauan menyeluruh di semua wilayah Tumpang.

Pavingisasi dilakukan disamping untuk mempercantik tata kota, juga dimaksudkan untuk mempermudah para pejalan kaki yang setiap harinya lalu-lalang dari dan ke Pasar Tumpang.

Sementara pembangunan drainase dilakukan untuk memperlancar saluran air. Dan untuk penghijauan, nantinya Pemerintah Kecamatan Tumpang hanya akan melakukan peremajaan pada sejumlah 800 tanaman pohon glodok yang sudah ditanam disepanjang jalan protokol tiga bulan sebelumnya.

Dijelaskan Suwito, secara umum langkah penataan ini sengaja diorientasikan di daerah pemukiman padat penduduk mengingat pertambahan pemukiman setiap tahunnya selalu meningkat.

"Setiap tahun bangunan terus bertambah banyak, sementara saluran air sangat terbatas. Kalau tidak diantisipasi sejak dini, bisa-bisa Tumpang kebanjiran. Pada musim penghujan kemarin saja air buangan sampai meluap ke jalan-jalan," tutur Suwito seraya menunjuk ke arah Jl Ronggowuni.

Lebih lanjut, dikatakan Suwito bahwa pavingisasi dan drainase yang segera dikerjakan pekan depan ini akan dimulai dari depan kantor kecamatan hingga 800 M ke arah timur, melewati beberapa jalan protokol. "langkah lain, Kami juga telah meminta kepada masyarakat agar menata kebersihan lingkungan di sekitar rumahnya masing-masing," ujarnya lagi.(dik)

Post Date : 08 Agustus 2005