Antam Bangun Instalasi Air Bersih

Sumber:Jurnal Nasional - 24 Maret 2010
Kategori:Air Minum

PT Antam Tbk mengumumkan bahwa perusahaan kembali menunjukkan komitmennya dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), dengan melakukan pembangunan Instalasi Sarana Air Bersih (SAB) bagi masyarakat Desa Padasuka dan Mangkualam, Pandeglang, Banten, yang berlokasi di sekitar proyek tambang emas Cibaliung. Program yang dilaksanakan melalui anak perusahaan Antam yang mengembangkan proyek tambang emas Cibaliung, PT Cibaliung Sumberdaya (CSD), diresmikan oleh Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, kemarin.

Instalasi SAB yang dibangun dengan biaya Rp1 miliar ini akan dapat dimanfaatkan oleh sekitar 300 keluarga atau mencapai 1.000 orang penduduk di kedua desa tersebut. Pembangunan Instalasi SAB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan terpenuhinya kebutuhan akan air bersih. Selain itu juga mendorong terciptanya berbagai macam peluang usaha bagi masyarakat terkait tersedianya air bersih.

Pembangunan Instalasi SAB tersebut meliputi pembangunan penangkapan sumber air Curul Pamugas, instalasi penjernihan, pembangunan pipa-pipa distribusi, tangki penampungan air bersih hingga fasilitas sanitasi di tujuh lokasi yang tersebar di tujuh kampung. Kedepannya, pengelolaan Instalasi SAB ini akan diserahkan kepada masyarakat, melalui Badan Pengelola Air Bersih yang akan dibentuk oleh masyarakat.

Dalam program ini, CSD bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon. Sebelumnya, pada tahun 2007 CSD telah menandatangani Piagam Kerjasama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon mengenai Pelestarian dan Pemanfaatan sumber air bersih dari Curug Pamugas untuk desa Padasuka dan Mangkualam.

CSD adalah anak perusahaan Antam dengan kepemilikan saham pada CSD secara langsung sebesar 99,15 persen. Antam mengakuisisi CSD dari ARC Exploration Australia pada bulan Juli 2009. Proyek emas Cibaliung memiliki usia tambang enam tahun dengan perkiraan cadangan logam emas sekitar 12.800 kg (411.500 t.oz).

Diperkirakan produksi Cibaliung mencapai sekitar 500 kg (16.000 t.oz) pada tahun 2010 dan akan berproduksi penuh pada level sekitar 2.000 kg (64.300 t.oz.) mulai tahun 2011. Tambang emas Cibaliung direncanakan akan beroperasi pada semester dua tahun 2010. Wahyu Utomo



Post Date : 24 Maret 2010