|
Kebijakan sosial merupakan bagian dari kebijakan publik (public policy). Kebijakan publik meliputi semua kebijakan yang berasal dari pemerintah, seperti kebijakan ekonomi, transportasi, komunikasi, pertanahan keamanan (militer), serta fasilitas-fasilitas umum lainnya (misalnya air bersih dan listrik). Kebijakan sosial merupakan satu tipe kebijakan publik yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan sosial. Sebagian besar buku atau artikel mengenai analisis kebijakan publik biasanya hanya mengupas konsepsi dan strategi melakukan telaah kebijakan. Pembaca umumnya memperoleh pengetahuan mengenai bagaimana caranya mengupas sebuah kebijakan. Sangat jarang ditemukan karya yang selain menyediakan kerangka konseptual, juga seklaigus mengupas mengenai produk yang dihasilkan dari proses analisis itu. Meskipun sangat ringkas, buku ini mencoba mengisi relung yang masih kosong dalam sikursus analisis kebijakan publik ini. Ia menyajikan konsepsi, konteks dan sekaligus framework pengkajian kebijakan sosial sebagai salah satu cabang kebijakan publik. Dengan fokus utama pada pengkajian isu-isu sosial, buku ini menekankan pada bagaimana melakukan analisis kebijakan publik. Tujuan utamanya adalah agar pembaca memiliki kompetensi dalam: Daftar Isi: Prakata Bab 3. Pembangunan Kesejahteraan Sosial Bab 4. Kebijakan Publik, Peran Negara dan Pembangunan Sosial Bab 5. Kebijakan Sosial dan Perencanaan Sosial Bab 6. Model-Model Kebijakan Sosial Bab 7. Analisis Kebijakan Sosial Bab 8. Naskah Kebijakan (Policy Paper) Bab 9. Proses Analisis Kebijakan Sosial Bab 10. Advokasi Kebijakan Sosial Bab 11. Tantangan Kebijakan Sosial Daftar Pustaka Lampiran 1. Accommodating the Urban Informal Sector in the Public Policy Process: A Case Study of Street Enterprises in Bandung Metropolitan Region (BMR), Indonesia (Edi Suharto) Lampiran 2. Penanganan Pedagang Kaki Lima di Bandung (Cipto Wibowo) Lampiran 3. Penanggulangan Penularan HIV/AIDS di Kota Bandung (Dewi Wahyuni) Lampiran 4. Eksploitasi Pekerja Anak di Indonesia: Analisis dan Rekomendasi (Atirista Nainggolan) Lampiran 5. Chlidren Centre bagi Korban Bencana Tsunami di Naggro Aceh Darussalam (NAD) (Indri Indarwati) Lampiran 6. Peningkatan Pelayanan Air Bersih oleh PDAM (Viking Rizarta) Post Date : 02 April 2007 |