Amerika Bangun Sistem Air di Calang

Sumber:Serambi Pos - 28 Februari 2008
Kategori:Air Minum

CALANG - Palang Merah Amerika, Kamis (27/2) kemarin mulai membangun sistem air dan sanitasi di Kota Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Acara peletakan batu pertama pembangunan Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant-WTP) yang dilakukan di Kecamatan Krueng Sabee-Calang itu dihadiri Ketua Palang Merah Amerika, Hortensia Vidauri, Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman dan Kepala BRR Calang.


 

Pengolahan air bersih yang dibangun di Krueng Sabee dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 350 M3. Fasilitas ini dibangun untuk melayani kebutuhan masyarakat di tingkat perumahan dan penggunaan kran air umum. WTP Krueng Sabee akan menguntungkan sebanyak 6.100 orang di 1.260 unit rumah. Satu unit pengolahan air bersih yang telah ada juga akan diperluas dan ditingkatkan untuk mengakomodasi kebutuhan air di Kota Calang.

Sementara untuk program sanitasi akan menitikberatkan pada jenis septik tank cincin bawah kedap air yang konkrit (Reinforced Concrete Sealed Bottom Septic Tank), direncanakan akan melayani sebanyak 3.275 orang dari populasi Calang atau dipasang di 655 unit rumah.

Joselito N Jose, Urban Water and Sanitation System (UWSS) Delegate untuk Palang Merah Amerika di Aceh Jaya menyebutkan, sebagian besar rumah permanen di Calang dibangun tanpa septik tank cincin bawah kedap air yang konkrit dan tanpa bidang resapan (leach fields). Maka itu, konstruksi ini diharapkan dapat membangun kembali kehidupan dan lingkungan lebih baik bagi masyarakat di Aceh Jaya yang sangat parah terkena dampak bencana tsunami, ungkap Joselito.

Palang Merah Amerika, katanya, berkomitmen memberi bantuan USD $ 209 juta untuk Program Pemulihan Tsunami dan sebanyak USD $ 45 juta dari total dana tersebut dialokasikan untuk mendukung air dan sanitasi di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam
(NAD).(hel)


Post Date : 28 Februari 2008