Amandes, Olah Air Laut Menjadi Air Murni

Sumber:Warta Ekonomi - 29 Maret 2009
Kategori:Air Minum

Perpaduan air laut dengan sinar matahari yang menghasilkan air untuk kepentingan minum maupun industri. Penciptaan air murni dengan metode penyulingan ini telah dilakukan Amandes yang didirikan oleh Zantar H. Ambadar.

Direktur sekaligus Pendiri PT. Amandes Cipta Mandiri Zantar H. Ambadar mengatakan bahwa selama ini, teknik destilasi air laut yang dikenal adalah MSF (multi stage flash), RO (reverse osmosis), ED (electro dialysis), VC (vapor compression), dan MED (multi effect destillation).

”Sistem MSF kurang ekonomis dan sudah ditinggalkan karena membutuhkan energi yang relatif sangat besar, bila dibandingkan dengan sistem lain,” lanjutnya.

Zantar juga menjelaskan bahwa saat ini, ada dua sistem teknologi utama penghasil air minum di dunia, yakni sistem penyaringan dan sistem penyulingan. Sistem penyulingan adalah salah satunya yang dilakukan oleh Amandes, yakni sistem penyulingan alamiah dengan menggunakan energi sinar matahari.

”Proses Amandes adalah identik dengan proses terbentuknya hujan di alam, yaitu terjadinya proses penguapan dan proses pengembunan secara alamiah,” jelasnya.

Air yang dihasilkan melalui proses Amandes, menurut Zantar, menghasilkan kondensat berupa air murni dengan total disolved solid (TDS) 0 mg/l. ”Ini adalah air minum terbaik bagi manusia, disebut juga sebagai air kesehatan,” tuturnya.

Zantar mengatakan bahwa manfaat penyulingan menggunakan energi sinar matahari yaitu tidak ada biaya bahan bakar, tidak ada polusi, tidak bersuara, menghasilkan kristal garam debagai sisa dari prosesnya, teknologi ini cocok untuk masyarakat pesisir, dan mendukung program Millenium Development Goals (MDG’s). Ihsan



Post Date : 29 Maret 2009