Aman, Pasokan Air untuk Cimahi & Bandung Barat

Sumber:Pikiran Rakyat - 04 September 2010
Kategori:Air Minum

NGAMPRAH, (PR).- Persediaan dan pasokan air bersih untuk wilayah Kab. Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi dijamin aman selama Lebaran tahun ini. Humas PDAM Tirta Raharja Dadang Supriadi menegaskan, pasokan akan terjaga karena produksi air tidak terganggu musim.

"Lebaran saat ini masih musim hujan, jadi produksi air tidak terganggu. Pasokan air ke Kota Cimahi dan Bandung Barat akan aman," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/9).

Menurut Dadang, terjaganya pasokan pada Lebaran kali ini tidak lepas dari pergantian musim yang belum terjadi. Dia mengungkapkan, pada Lebaran tahun lalu pasokan air bersih terganggu karena musim kemarau sehingga produksi air menurun.

"Namun saat musim hujan seperti ini, produksi air cenderung stabil sehingga tidak mengganggu distribusi air bersih kepada masyrakat di Kab. Bandung Barat dan Kota Cimahi," ujarnya.

Kekhawatiran justru ada pada kemungkinan tidak terserapnya pasokan air pada Lebaran sehingga menyebabkan kebocoran pada beberapa titik distribusi utama/pipa-pipa besar.

"Beberapa titik rawan kebocoran air seperti di Jalan Gadobangkong, Padalarang, dan Kolonel Masturi akan terus mendapatkan pemantauan petugas piket. Selain itu, petugas kami juga akan memantau delapan unit distribusi di wilayah Kab. Bandung Barat dan Cimahi," kata Dadang.

Rawan kebocoran


Produksi dan pasokan air dari PDAM Tirta Raharja ke Kab. Bandung Barat mencapai 7.800 meter kubik per hari, sementara untuk Kota Cimahi 14.515 meter kubik per hari. Namun, dipastikan konsumsi air akan menurun sampai tiga puluh persen pada hari Lebaran karena banyak keluarga yang mudik dan tidak mengonsumsi air yang sudah dipasok.

"Pada H-2 sampai H+7, sangat rawan terjadi kebocoran karena pasokan air tidak terserap. Selain itu, pada periode ini juga dipastikan akan terjadi penurunan pemakaian air karena ditinggal mudik oleh penghuni rumah. Namun, kami tetap melakukan produksi dan menjamin pasokan air kepada masyarakat Kab. Bandung Barat dan Cimahi aman pada Lebaran ini," ujar Dadang. (A-168)



Post Date : 04 September 2010