Akses Air Bersih di Kudus Minim

Sumber:Koran Sindo - 13 Mei 2011
Kategori:Air Minum

KUDUS – Progam penyediaan air bersih untuk warga Kudus hingga kini masih masih jauh dari target yang dicanangkan dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDGs).

Beragam kendala menjadi faktor penghambat mulai urusan dana, hingga masih tumpang tindihnya progam antar lembaga yang diserahi tugas mewujudkan pemerataan air bersih bagi ratusan ribu warga Kudus ini. Berdasar target dari MDGs, pada tahun 2015 progam penyediaan air bersih harus sudah menyentuh 80% wilayah perkotaan dan 60% wilayah pedesaan yang ada di Kudus. Diharapkan lewat target ini, maka akan ada lebih banyak warga yang memiliki akses air minum yang sehat. Ada tiga lembaga yang menjadi penyokong suksesnya pencapaian MDGs dalam penyediaan air bersih kepada warga, yakni Dinas Ciptakaru, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan PDAM Kudus.

Masing-masing dari tiga lembaga ini mempunyai sumber dana dan kegiatan yang berbeda.Misalnya PDAM dengan pembuatan instalansi sambungan baru ke rumah warga, sedang Dinas Ciptakaru dengan progam penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dan lain sebagainya. Direktur PDAM Kudus Akhmadi mengatakan hingga kini pihaknya baru menjangkau 18% dari target yang ingin dicanangkan lewat MDGs.Tiap tahunnya, PDAM Kudus menargetkan setidaknya ada 2.000 sambungan baru air bersih ke rumah-rumah warga yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kudus.Namun,jika dihitung ulang, hingga tahun 2015 mendatang,PDAM hanya mampu mencapai sekitar 34% saja dari target yang dicanangkan MDGs.

“HIngga empat tahun ke depan kemungkinan hanya setengah saja dari target MDGs yang dapat kita capai,” kata Akhmadi kemarin. Kabid Ciptakarya pada Dinas CIptakaru Kabupaten Kudus, Heru Subiyantoko mengatakan sejak dimulai tahun 2008, progam Pamsimas sudah dilakukan di 36 desa yang ada di sembilan kecamatan yang ada di Kudus. Dana untuk progam Pamsimas tersebut ada yang berasal dari APBN namun ada pula yang digelontor dana APBD Kudus. Heru, mengklaim sejauh ini progam Pamsimas dapat berjalan lancar. muhammad oliez



Post Date : 13 Mei 2011