Akibat Kemarau, Waduk Pacal Bojonegoro Kering

Sumber:Suara Pembaruan - 03 November 2006
Kategori:Drainase
[BOJONEGORO] Musim kemarau panjang menjebabkan Waduk Pacal, di Dusun Tretes, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) dalam keadaan kering. Hingga Kamis (3/11) pagi sisa air hanya terdapat dibawah menara kontrol. Ketinggian air dibawah papan duga yang selama ini digunakan untuk mengukur debit air waduk yang dibangun para era pemerintahan Hindia Belanda.

Masyarakat yang bertempat tinggal di pinggir waduk, di lereng pegunungan Kendeng pada awal Oktober lalu masih sempat menanami areal waduk itu dengan palawija, ubi-ubian, dan tembakau jawa. Areal waduk yang ditanami mulai dari bagian barat yang masuk Kecamatan. Bubulan sampai bagian selatan wilayah Kecamatan. Gondang dan bagian timur masuk Kecamatan Temayang.

Penjaga Waduk Pacal, Mashoeri menjelaskan, kondisi kemarau panjang tahun 2005 ini lebih buruk dibandingkan tahun 2003. Pada musim kemarau panjang tahun 2003, volume air masih sekitar 5000 meter kubik yang merupakan volume minimal waduk sekitar 50 persen dari kapasitas maksimal 23.000 meter kubik.

''Tiga tahun lalu, sebelum mencapai titik nol, hujan sudah turun. Tetapi sekarang ini air sudah dibawah volume minimal, hujan belum turun,''katanya.

Mashoeri mengatakan, jika curah hujan turun tidak deras, bisa menutup pori-pori areal waduk yang sudah mulai mengering, sekaligus masuk kedalam tanah sebagai air tanah permukaan. Tetapi jika curah hujan langsung tinggi dalam durasi waktu yang lama dikhawatirkan akan merusak bagian tanggul waduk. [029]



Post Date : 03 November 2006