Akan Dibangun Jaringan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 03 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
GROBOGAN- Pemkab Grobogan menyatakan siap membangun jaringan air bersih pedesaan untuk mengatasi masalah kekeringan yang rutin terjadi setiap tahun. Selain itu, jumlah instalasi pengolahan air (IPA) milik PDAM Purwodadi juga akan ditambah dan membuat sejumlah embung di daerah tangkapan air.

Kepala Bapedda Ir HM Sumarsono mengemukakan, pembangunan nantinya akan ditangani oleh dinas dan instansi terkait. ''Program ini merupakan rencana jangka menengah untuk mengatasi kebutuhan air bersih,'' paparnya kemarin.

Dia menjelaskan, tahun ini telah dialokasikan dana sebesar Rp 700 juta khusus untuk pembangunan jaringan air bersih pedesaan. Anggaran diambilkan dari dana alokasi khusus (DAK) Rp 656 juta ditambah dana pendamping APBD Rp 98,4 juta. Pembangunan tersebut pada prinsipnya memanfaatkan sumber mata air yang tersebar di sejumlah kecamatan. Sementara mengenai penambahan IPA, menurut dia, telah disediakan dana Rp 1,5 miliar disertai dana pendampingan APBD senilai Rp 600 juta.

Embung

IPA baru akan menambah kemampuan PDAM Purwodadi dalam melayani kebutuhan air bersih di Grobogan. Sedangkan mengenai embung, akan dibangun di tiga kecamatan, yakni Pulokulon, Kradenan, dan Toroh. Embung yang dibangun terdiri atas dua tipe, B dan C.

Tipe B dibangun di Desa Sindurejo, Kecamatan Toroh dengan dana Rp 300 juta, sedangkan tipe C dikerjakan di Kecamatan Kradenan (Desa Crewek dan Sengonwetan), serta Kecamatan Pulokulon (Desa Pulokulon), dengan dana sekitar Rp 800 juta.

Di samping itu, lanjutnya, sudah ada 25 embung lain yang tersebar di seluruh Grobogan. ''Harapannya, manfaat pembangunan bisa segera dirasakan oleh masyarakat. Namun, diperkirakan efektif pada 2008 mendatang,'' ujarnya.

Direktur PDAM Purwodadi Mulyadi SP membenarkan adanya rencana pembangunan IPA baru. Instalasi setinggi 10 lantai itu dibangun di Kecamatan Gubug, didanai APBN dan APBD. (H41-37)



Post Date : 03 Agustus 2007