Ajung Didrop Air Bersih

Sumber:Jawa pos - 04 November 2006
Kategori:Air Minum
AJUNG - Kekeringan yang melanda warga Dusun Gumuk Kerang, Desa Ajung Wetan, Kecamatan Ajung mulai mendapatkan solusi. Kemarin, PDAM mengirimkan air bersih ke dusun yang kekurangan air bersih itu. Dan, pasokan air PDAM itu pun disambut luar biasa oleh warga yang mendambakan air. Dengan membawa timba berbagai ukuran, warga langsung menyerbu truk tangki PDAM. Tak berapa lama airpun ludes.

Tak hanya itu, PDAM juga menempatkan tiga hidran umum atau tandon air di dusun tersebut. Tiap hidran umum berkapasitas 2,5 meter kubik air itu tiap hari akan diisi air bersih untuk melayani kepentingan masyarakat. Sejumlah teknisi juga berupaya untuk menyedot mata air di Dusun Gumuk Kerang kebetulan mati.

Pengiriman air akan dilakukan secara kontinyu setiap hari untuk melayani kepentingan warga setempat. Pengiriman air itu dikawal oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Suhardiyanto dan Plt Direktur PDAM Jember HM Fadallah.

Seperti pernah diberitakan, warga dusun Gumuk Kerang mengeluhkan kekurangan air bersih. Mata air di desa tersebut mati. Karena itu, warga kebingungan memperoleh air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari.

Kepala Dinas PU Suhardiyanto mengungkapkan, penanganan kekeringan di dusun Gumuk Kerang ini merupakan realisasi dari rapat yang antara bupati dengan Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Pengairan Rasid Zakaria, Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Soeprapto, dan Asisten II yang merangkap Plt Direktur PDAM HM Fadallah, Kamis (2/11) siang kemarin. Rapat itu, lanjut Suhardiyanto, membahas antisipasi musim kemarau panjang yang diprediksi berakhir Desember tahun ini. "Langkah pertama yang diambil menangani kesulitan air di dusun Gumuk Kerang," katanya.

Suhardiyanto mengungkapkan, kedatangannya dan Fadallah untuk meninjau lapang. Ternyata, menurut dia, ada sumber mata air yang bisa dilestarikan. "Sumber itu sudah kami kuras dengan pompa, dan bisa kembali normal," paparnya.

Selain itu, juga disiaplan 3 hidran umum yang akan menampung air untuk memenuhi kebutuhan 700 KK Gumuk Kerang. Hidran umum ini, lanjut Plt Direktur PDAM HM Fadallah, diharapkan untuk memenuhi kepentingan makan dan minum. "Sementara, sumber air itu diperlukan untuk mandi dan cuci," ungkapnya.

Menurut Fadallah, pihaknya berupaya menginventarisir kekeringan di Jember. Camat-camat se-Jember telah dikumpulkan. "Kami meminta mereka untuk menginventarisasi kekeringan di kecamatannya, lalu melaporkan ke kami" ujar mantan Camat Kencong ini.

Sementara, dia baru bisa mendeteksi kekurangan air bersih di kecamatan Bintoro, Arjasa yang akan segera ditangani. (ken)



Post Date : 04 November 2006