Air untuk Pembangunan Berkelanjutan

Pengarang:P.E. Hehanussa, dkk
Penerbit:Jakarta, LIPI Press, Mei 2005, x + 113 hal
No. Klasifikasi:333.91 HEH a
Kata Kunci:air – Aspek ekonomi, pembangunan berkelanjutan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Dalam setiap Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIP-NAS), selain membahas state of the arts ilmu pengetahuan di tanah air, juga membahas hal-hal aktual yang terjadi dalam masyarakat., baik secara nasional maupun internasional. Sedikit berbeda dari biasanya, pada KIPNAS VIII yang diadakan pada bulan September 2003 lalu, porsi keterlibatan para ilmuwan peserta kongres, lebih terfokus pada hal-hal yang fundamental dan pembahasan spesifik tentang kondisi bangsa Indonesia yang tengah mengalami krisis multidimensi yang tak kunjung usai. Kondisi obyektif inilah yang memicu para ilmuwan peserta kongres merasa terpanggil untuk memberikan sumbangsihnya berupa Deklarasi Ilmuwan Indonesia.

Di samping Deklarasi tersebut di atas, dalam KIPNAS VIII ini juga telah dibahas sejumlah makalah ilmiah, baik yang disampaikan oleh para pakar nasional maupun luar negeri. Kesemuanya kemudian dihimpun dalam prosiding yang diterbitkan dalam format buku imliah popular, terdiri atas 7 (tujuh) buku dan dipilah berdasarkan substansi kajiannya. Ketujuh buku tersebut diterbitkan dengan judul tersendiri sesuai dengan substansi kajiannya, yakni: Problematika Etika dalam Ilmu Pengetahuan, Kemiskinan dan Otonomi Daerah, Globalisasi dan Tantangan Daya Saing Indonesia, Air untuk Pembangunan Berkelanjutan, Polemik tentang Masyarakat Austronesia: Fakta atau Fiksi , Teknologi Informasi dan Pembangunan Multisektor, serta Bioteknologi untuk Pangan dan Kesehatan. Seluruh buku yang diterbitkan secara bersamaan oleh LIPI Press pada tahun 2004 ini, juga memuat rekomendasi dan deklarasi ilmuwan yang dicetuskan dalam KIPNAS VIII.

Empat tulisan ilmiah yang disajikan dalam buku Air untuk Pembangunan Berkelanjutan ini, adalah catatan kritis yang dibuat para ahli yang peduli pada kondisi lingkungan Indonesia kini. Pesan singkat yang diungkap mereka dalam tulisannya di buku ini, umumnya memperingatkan bahwa kini saatnya Indonesia bangkit dan mulai bertindak, terutama menata kembali semua sector pembangunan yang dilakukan di negeri ini agar peduli dan memikirkan tentang ketersediaan air bagi kehidupan seluruh anak bangsa sekarang dan masa mendatang.

Daftar isi:

Pengantar

Setetes Air, Sebuah Pengantar

Daftar isi

Air untuk Pembangunan Berkelanjutan

Krisis Air di Indonesia

World Population and Food Supply

Indonesian Inland Waters: An Annotation Empower The Management of Lakes

Ilmu Lingkungan sebagai Pendukung Pembangunan Lampiran

Deklarasi Ilmuwan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional VIII

“Memperkokoh Penguasaan Ilmu Pengetahuan Menuju Kebangkitan Kembali Bangsa Indonesia”Ringkasan Eksekutif KIPNAS VIII

Post Date : 12 Februari 2008