Air sebagai Layanan Publik

Pengarang:David Hall & Emanuele Lobina
Penerbit:Jakarta, KRUHA (Koalisi Rakyat untuk Hak atas Air), 2008
No. Klasifikasi:351.87 HAL a
Kata Kunci:air, akses air bersih, penyediaan-air
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Direktorat Permukiman dan Perumahan, Bappenas
Kategori:Buku

Buku ini berisi tentang bagaimana masyarakat internasional dapat membantu pemerintah, institusi public, masyarakat dan pekerja di Negara-negara berkembang untuk memperluas dan memperbaiki pelayanan air bersih dan sanitasi. Dasar penulisan ini adalah penelitian empiris yang telah dilakukan selama satu dekade mengenai pelayanan air bersih dalam masa transisi di Negara-negara berkembang.

Buku ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu sejarah, tenaga kerja, modal, sumber daya alam, dan politik. Empat bab terakhir akan diakhiri dengan diskusi mengenai bagaimana dunia internasional dapat membantu suatu Negara dalam usahanya mengembnagkan sistem air bersih universal.

Daftar isi:
Prakata
Kata Pengantar oleh PSI
1. Pendahuluan dan Rangkuman

2. Sejarah Perkembangan pelayanan Air
2.1 Dominasi sektor publik 2.2 Negara-negara berkembang: kemerdekaan dan peninggalan kolonial
2.3 Privatisasi: sebuah eksperimen yang gagal

3. Ketenagakerjaan: Karyawan, pelatihan dan Masyarakat
3.1 Arti penting pekerja
3.2 Upah, kondisi dan lapangan kerja
3.3 Training
3.4 Interaksi antara pekerja dan masyarakat
3.5 Dukungan Internasional

4. Modal: dana untuk investasi
4.1 Mendanai investasi
4.2 Kebutuhan investasi
4.3 Sumber-sumber pendapatan
4.4 Pembiayaan dan pinjaman
4.5 Kredit mikro dan koperasi
4.6 Dukungan Internasional

5. Politik dan institusi publik
5.1 Solidaritas politik
5.2 Korupsi, aktivitas politik dan kontrak
5.3 Akuntabilitas, desentralisasi, masyarakat sipil dan perpajakan
5.4 bantuan internasional: kemitraan antara publik dengan publik dan ruang publik

6. Kesimpulan

7. Bibliografi

8. Catatan



Post Date : 09 Februari 2010