Air: Pendidikan Lingkungan Bagi Pendidik Usia Dini

Pengarang:Dra. Masnellyarti Hilman, M.Sc
Penerbit:Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup, 2004
No. Klasifikasi:363.707 HIL a
Kata Kunci:pendidikan dasar, pendidikan lingkungan air, PAUD pendidikan anak usia dini
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Buku

Berbagai kebijakan dan program di bidang pelestarian lingkungan hidup terus digulirkan, namun harus kita akui bahwa jumlah pencemaran dan perusakan lingkungan di Indonesia belum dapat ditekan seoptimal mungkin. Hal ini tidak dapat dibiarkan sampai kerusakan lingkungan mengganggu kelangsungan hidup masyarakat Indonesia atau sampai seluruh sumber daya alam yang kita miliki musnah. Diperlukan suatu upaya peningkatan kesadaran lingkungan yang melibatkan pemerintah, dunia usaha serta masyarakat luas.
       
Upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup akan lebih bermakna apabila dilakukan sejak usia dini/ masa kanak-kanak. Mengingat pada masa ini potensi yang dimiliki setiap anak dapat berkembang dengan optimal apabila memperoleh rangsangan yang positif. Apabila pengenalan tentang lingkungan dilakukan sejak usia dini diharapkan terjadi internalisasi nilai-nilai lingkungan hidup yang pada akhirnya dapat mempengaruhi sikap, persepsi dan perilaku anak yang ramah lingkungan.
       
Salah satu upaya internalisasi kesadaran lingkungan bagi anak usia dini dilakukan melalui peningkatan pengetahuan orang tua dan pendidik tentang pengelolaan lingkungan. Mengingat orang tua dan pendidik merupakan orang-orang terdekat yang dapat menyampaikan pesan-pesan lingkungan dan memberi contoh tentang sikap dan tingkah laku ramah lingkungan.
       
Buku pengelolaan lingkungan hidup bagi pendidik usia dini dengan topik air merupakan salah satu bahan bacaan bagi orang tua dan pendidik usia dini yang dapat dijadikan acuan para pendidik dalam upaya meningkatkan kesadaran anak usia dini. Dengan adanya bekal pengetahuan tentang pengelolaan air yang benar diharapkan orang tua dan pendidik dapat menularkan pengetahuan tersebut melalui contoh teladan, dongeng, nyanyian ataupun permainan.

Daftar Isi:

Kata Pengantar

Air

Daerah Subur

Musim Kemarau (Kekeringan)

Sungai yang Tercemar Limbah

Mengenal Air

Banjir dan Kekeringan

Mengapa Kita Perlu Minum

Siklus Air

Mengapa Manusia Membutuhkan Air

Waspadalah pada Air

Apakah Ciri-Ciri Air Bersih

Media Penyaring

Kegiatan Pemanfaatan Air

Menjernihkan Air Kotor Tanpa Zat Kimia

Penghematan Air

Kegiatan Tama Di Desa

Kegiatan Arti Di Kota



Post Date : 27 Mei 2010