Air PDAM Tirta Darma Keruh dan Bau

Sumber:Koran Sindo - 10 Januari 2012
Kategori:Air Minum
CIREBON – Sejumlah pelanggan PDAM Tirta Darma Kota Cirebon mengeluhkan kondisi mutu air yang mereka terima. Air yang keruh dan berbau dinilai tidak meningkatkan pelayanan sejak kenaikan tarif awal tahun ini. 
 
Warga di RW 11 Samadikun Utara, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan,Kota Cirebon, mengatakan, mutu air PDAM yang berwarna keruh dan berbau beberapa bulan terakhir membuat warga tidak bisa mengonsumsi air tersebut. Sehingga, banyak warga yang lebih memilih membeli air dari pengecer untuk kebutuhan sehari- hari. 
 
“Saya sudah lapor kepada petugas PDAM, memang ada yang datang dan mengambil sampel air ke rumah.Tapi sampai sekarang, airnya belum juga baik sementara kebijakan kenaikan tarif sudah diberlakukan,” kata seorang warga, Yani Rismawati,37,kemarin. Dia menyebutkan, keruhnya air PDAM itu terjadi sepanjang hari. Menurut dia, air PDAM memang keruh.Namun, biasanya air akan jernih selepas tengah malam.Tapi, saat ini,kondisi itu tidak terjadi.Selain itu,kata dia,kenaikan tarif tidak dibarengi dengan hak yang diterima pelanggan. 
 
Dia menyebutkan, saat ini, dirinya harus menyediakan dana sekitar Rp187.000 per bulan dari sebelumnya Rp40.000.Padahal sepengetahuannya, kenaikan tarif air sekitar 87% saja. Keluhan juga disampaikan warga lainnya, Asep Koesmayanto, 41, yang menuding PDAM tak serius. Dia pun menyesalkan kebijakan kenaikan tarif yang belum disertai layanan optimal. “Sebaiknya, sebelum kenaikan tarif diberlakukan PDAM memperbaiki dulu pelayanan kepada pelanggannya. Jangan seperti sekarang, hak kami belum terpenuhi secara optimal, malah tarif sudah dinaikkan,” kata dia. 
 
Direktur Umum PDAM Tirta Dharma, Sofyan Satari menjelaskan, kenaikan tarif air rata- rata 87,4% atau dari Rp 1.812/m3 naik menjadi Rp 3.395/m3 per Januari 2013 ini. Namun, pemberlakuan itu disesuaikan dengan golongan masing-masing pelanggan. “Itu angka rata-rata, jadi ada yang di atas angka itu ada pula yang di bawah 87,4%”ujar dia. Sedangkan terkait keluhan pelanggan, dia menyatakan bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, salah satunya kebocoran.
 
Namun dia menyarankan pelanggan yang mengeluhkan mutu air menyampaikannya langsung ke bagian pengaduan PDAM. Dia lebih jauh menegaskan, akan menindaklanjuti keluhan tersebut dan memperbaikinya secara bertahap. erika lia 


Post Date : 10 Januari 2013