Air PDAM Rembang Sering Macet

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 24 November 2005
Kategori:Air Minum
REMBANG (KR) - Pelayanan dan kualitas air dari PDAM Kabupaten Rembang belakangan ini menjadi pergunjingan warga, menyusul macetnya suplay air kepada pelanggan selama beberapa pekan ini. Kondisi itu diperparah dengan rencana akan adanya kenaikan tarif dan pergantian pimpinan PDAM.

Macetnya suplay air ke pelanggan dialami warga Magersari, Pacar, Tanjungsari, Tasikagung, Gegunung. Di daerah ini hampir sebulan ini tidak mendapat suplay air PDAM sehingga mereka terpaksa membeli air di luar. Kalau kami tiap bulan terus ditagih rekening, yang dibayar itu apanya. Mbok ya PDAM memikirkan pelayanan bukan tagihan melulu, ungkap Sudarsono warga setempat.

Sementara itu di beberapa kelurahan di kota, mengaku mendapat air pada waktu malam hari, itupun sangat kecil sehingga banyak warga yang menunggu sampai dini hari. Diperoleh keterangan, protesnya sejumpah warga di Pamotan yang mengeluhkan pengambilan sumber air mudal untuk PDAM membuat sumur warga di Kecamatan Pamotan Kota ikut tersedot, sehingga ikut mempengaruhi produksi air.

Terpisah Ketua LSM Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (LPKI) Kabupaten Rembang Yuharso kepada KR kemarin, mengaku prihatin dengan kinerja PDAM yang hanya mengejar budget (pemasukan) semata tanpa memperhitungkan mutu dan pelayanan pelanggan.

Saya menilai PDAM tanpa memikirkan pencarian sumber mata air cadangan. Di samping itu kualitas pipa terjadi mark up pada proyek masa lalu sehingga tidak sesuai standar yang ditetapkan, kata Yuharso.

Direktur PDAM Drs Agus Supriyanto berharap, masyarakat bersabar karena pihaknya masih mencari solusi pemecahannya.

(Ags/Yhr)-a

Post Date : 24 November 2005