Air PDAM Keruh Saat Musim Hujan

Sumber:Pikiran Rakyat - 23 Oktober 2007
Kategori:Air Minum
SUBANG, (PR).-Air keruh saat musim hujan tiba menjadi masalah utama yang sering dikeluhkan para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rangga Kab. Subang. Hal ini diakui sejumlah pelanggan yang ditemui "PR" sekitar kawasan Kota Subang, Senin (22/10).

Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Rangga Kab. Subang, Drs. H. Dedy Pujasumedi Patah, M.Si. tidak membantah adanya keluhan pelanggan itu. Menurut Dedy, pihaknya memang tengah membenahi diri untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Menghadapi musim hujan tahun ini, kami tengah berbenah diri untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan, terutama menyangkut kualitas air yakni meminimalisasikan kekeruhan," ungkapnya.

Dedy menjelaskan, selama ini khususnya di kawasan sumber air Cibulakan sering mengalami kekeruhan. Penyebabnya adalah karena keterbatasan filter untuk menyaring air tersebut. "Selama ini memang hanya ada satu filter untuk menyaring air dari Cibulakan itu, sehingga air yang dipasok ke pelanggan tidak terlalu jernih," tuturnya.

Dedy mengatakan, pihaknya sudah membangun penambahan dua buah filter di Desa Gubung Kujang, Kec. Cijambe, Kab. Subang, untuk menyaring air yang bersumber dari Cibulakan itu. "Penambahan dua filter itu sekarang sudah hampir rampung, sehingga diharapkan pada musim hujan tahun ini tidak akan terjadi kekeruhan lagi," ujarnya.

Dari pemantauan dan data yang dihimpun "PR", filter yang dibangun pihak PDAM merupakan dua filter yang dilengkapi dengan sytker. Filter tersebut digunakan selain untuk menjadikan air lebih jernih, juga menjadi salah satu langkah awal dalam upaya PDAM menyediakan air siap minum. (A-151)



Post Date : 23 Oktober 2007