Air PDAM Dijamin Bersih

Sumber:Bangka Pos - 29 Desember 2005
Kategori:Air Minum
PANGKALPINANG Keinginan warga Kota Pangkalpinang untuk dapat menikmati air bersih dari PDAM Kota Pangkalpinang nampaknya akan segera terwujud.

Walikota Pangkalpinang Zulkarnain Karim menjanjikan akhir tahun 2006 mendatang, masyarakat Kota Pangkalpinang sudah mulai dapat menikmati pelayanan dan air bersih dari PDAM Kota Pangkalpinang dengan lancar.

Kalau awal 2006 ini belum bisa, namun akhir 2006 sudah mulai dan mudah-mudahan pembangunan ini selesai 2007, ujar Walikota Pangkalpinang Zulkarnain Karim saat dikonfirmasi Bangka Pos Group, akhir pekan lalu.

Menurut Zulkarnain, PDAM yang merupakan bagian dari cipta karya ini dalam dua tahun membutuhkan dana sebesar Rp 58 miliar untuk merevitalisasi PDAM dan juga meningkatkan pelayanan PDAM.

Jadi Rp 58 miliar tersebut ditempuh dari provinsi tahun ini (2006red) Rp 10 miliar dan tahun kedua juga dari provinsi Rp 10 miliar. Sementara untuk tahun pertama dan kedua dari kota dianggarkan masing-masing sebanyak Rp 5 miliar, jadi total kota Rp 10 miliar, ujarnya.

Sedangkan sisa Rp 28 miliar akan didapat melalui pinjaman namun bukan dari ADB. Pinjaman tersebut bukan dari Asian Development Bank (ADB) tetapi dari yang melakukan pembangunan tersebut, ujar Zulkarnain.

Menurut walikota, dua perusahaan yang sebelumnya akan bekerja sama dengan Pemkot Pangkalpinang sampai saat ini belum final. Perbaikan yang akan dilakukan pada PDAM dimulai dari pemilihan sumber air baku kemudian reservoir dan jaringan pipa.

Sumber air diambil dari tiga lokasi masing-masing Pedindang, Kolong Kacang Pedang dan Selindung, namun kondisi Kolong Pedindang tidak mungkin lagi. Karena itu kita ambil dari Kolong Kacang Pedang dan Selindung itu, ujar Zulkarnain. (h7)

Post Date : 29 Desember 2005