Air PDAM Berbau Besi

Sumber:Pikiran Rakyat - 22 Februari 2008
Kategori:Air Minum

SUKABUMI, (PR).- Puluhan warga di Kel. Cipanengah, Kec. Lembursitu mengeluhkan perubahan kualitas air PDAM dalam sebulan terakhir ini. Selain warnanya berubah menjadi keruh dan kecokelat-cokelatan juga mengeluarkan bau besi yang menyengat hidung warga.

"Sudah sebulan ini, air PDAM keruh dan berbau. Kami takut menggunakan air PDAM. Walaupun, kami sangat membutuhkan air bersih," kata salah seorang warga RT 02 RW 03 Kelurahan Cipanengah, Euis Lesawati, Kamis (21/2).

Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih, warga terpaksa mengonsumsi air sumur karena kebutuhan warga sangat banyak mengakibatkan warga secara bergiliran memanfaatkan air sumur yang terbatas.

"Kami terpaksa menggunakan air sumur warga yang masih berfungsi. Namun, itu pun sangat terbatas karena kebutuhan warga akan air bersih sangat banyak" katanya.

Perubahan kualitas

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Sukabumi H. Sulaiman Muchtar membenarkan terjadi perubahan kualitas air PDAM bagi warga di sana. Akan tetapi, perubahan tersebut diakibatkan hasil uji coba air yang berasal dari sumur bor dalam yang baru selesai dibangun.

"Benar, di sana terjadi perubahan air yang biasa dimanfaatkan warga. Namun, perubahan itu merupakan hal biasa karena merupakan hasil uji coba. Mudah-mudahan tidak akan lama. Apalagi, dalam seminggu ini sudah ada tanda-tanda air mulai jernih," ungkapnya. (A-162) 



Post Date : 22 Februari 2008