Air PAM Sudah Mulai Diproduksi

Sumber:Kompas - 13 Februari 2007
Kategori:Air Minum
jakarta, kompas - Setelah delapan hari berhenti mengalir, instalasi produksi air atau IPA Buaran, Jakarta Timur, akhirnya berproduksi kembali. Terhentinya produksi IPA Buaran akibat banjir yang menggenangi seluruh pompa dan mencemari air bersih yang siap dialirkan.

Walaupun telah berproduksi, IPA Buaran belum berfungsi normal sehingga hanya mampu memproduksi 45 persen dari kapasitas normal. "Kami masih terus berupaya untuk memperbaiki segala kerusakan yang terjadi," kata Mark Waite, Presiden Direktur Thames Pam Jaya (TPJ), penyedia air bersih di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Akibat produksi yang belum optimal, pelanggan di beberapa wilayah belum bisa dialiri air bersih. Di Jakarta Utara, wilayah yang belum mendapatkan air bersih adalah pelanggan di Kelapa Gading, Cilincing, Koja, Tanjung Priok, Pademangan, dan Kemayoran. Adapun di Jakarta Timur wilayah yang belum dialiri adalah Cakung, Pulo Gebang, Cipayung, Jatinegara, Ciracas, Duren Sawit, Makasar, Pasar Rebo, dan Kramat Jati.

"Pemerintah harus benar-benar memerhatikan soal kebutuhan air bersih yang tidak kalah penting dari beras dan kebutuhan pokok lainnya. Semua sumur warga di sini sudah tidak dapat digunakan lagi," kata Abdul Rahman, warga Cilincing, kepada Kompas.

Direktur Hubungan Eksternal dan Komunikasi TPJ Rhamses Simanjuntak mengakui, dari 374.000 pelanggan, 200.000 di antaranya tak bisa dialiri air saat banjir. Mulai Minggu (11/2), katanya, air sudah dapat dialirkan.

Di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat, pasokan air bersih dari PAM Lyonaisse Jaya (Palyja) sudah membaik. "Tinggal daerah Fatmawati, Cipete, Pasar Minggu, Pejaten, dan sekitarnya yang belum," kata Meyritha Maryanie, Manajer Humas Palyja. (arn/nas)



Post Date : 13 Februari 2007