Air Minum Untuk Awak ISS

Sumber:Koran Tempo - 23 Maret 2005
Kategori:Air Minum
Satu orang awak Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dijatahi 2 liter air per harinya. Itulah sebabnya , mereka dituntut untuk pandai menghemat karena persediaan air yang sangat terbatas dengan perhitungan yang sangat ketat. Kalau tidak mereka bisa kehabisan air dan kehausan sebelum datang wahana antariksa Soyuz milik Rusia yang membawa pasokan pendukung kehidupan yang baru.

Untuk itu, para insinyur NASA memutar otak untuk mendapatkan sistem pendaur ulang air limbah menjadi air yang dapat diminum.Air limbah yang dimaksud adalah air yang dikeluarkan tubuh awak ISS. Mereka sudah berhasil membuatnya , unit pemroses air (WPA) itu dirancang bangun perusahaan Hamilton Soundstrand Space System International yang berkantor pusat di Windsor Locks,Connecticut .

Sistem ini mampu memproduksi air dari uap kelembaban udara,urine,air buangan dari bak pencuci tangan ,dan pancuran mandi. Dalam sistem ditambahkan unit pemrosesan oksidasi katalitik suhu tinggi yang membuang endapan organik dan membunuh mikroorganisme agar air memenuhi kualifikasi sebagai air minum.

Unit ukurannya seperti dua buah lemari es ini memiliki kemampuan :

  • menyimpan air dengan kapasitas 50,8 kg ;
  • menghilangkan gas bebas, partikel bebas , spesies organik bermasa molekul tinggi dan berwujud ion , endapan organik yang dapat teroksidasi , mikroorganisme, menghilangkan produk oksidasi , dan memproses air dengan yodium.

Kecepatan proses : menghasilkan 227 kg/lt
Konsumsi tenaga : 915 watt
Ukuran : 2,12 meter kubik
Bobot : 658 kg

Post Date : 23 Maret 2005