Air Macet, Warga Jebol Pipa PDAM

Sumber:Jawa pos - 07 November 2006
Kategori:Air Minum
MAGETAN -- Aksi jebol pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kembali terulang di Magetan. Aksi kali ini dilakukan warga Desa Tamanan, Kecamatan Sukomoro, lantaran air PDAM macet. Sehingga, mereka terpaksa menjebol pipa saluran daerah bawahnya. "Air PDAM ini satu-satunya sumber air bersih, jadi kalau tidak dijebol kita mau kemana mencari air bersih," kata Sarmun, salah seorang warga Tamanan kemarin.

Selain menjebol pipa saluran, warga juga mengambil air di tandon dengan menyalurkan melalui selang rumah tangga secara liar. Sehingga, di tandon Desa tamanan tampak puluhan selang. Aksi jebol pipa dan mengambil air di tandon itu terpaksa dilakukan warga lantaran sejak empat hari lalu saluran PDAM macet. Sementara, bantuan air PDAM melalui tangki tidak mencukupi kebutuhan warga. "Jangan salahkan kami, karena ini terpaksa kami lakukan," ungkap Suwarno, warga setempat lainnya.

Akibat ulah warga itu, jaringan pipa PDAM di Desa Tamanan jebol lebih dari sepuluh titik. Di setiap titik yang dijebol, tampak warga antre mengambil air dengan menyalurkan air ke jerigen menggunakan selang. Mereka juga menyalurkan air tandon yang diperuntukkan untuk daerah bawah menggunakan selang. "Kita telah melaporkan hal ini pada PDAM, tapi belum juga diperbaiki," ujarnya.

Sementara, Seno, Direktur Teknik PDAM membenarkan kemacetan jaringan pipa tersebut. Menurutnya, kemacetan itu disebabkan rusaknya sumur pompa PDAM di Desa Tambakmas. Pasalnya, dinamo diesel mesin pompa terbakar. Selain itu, panel dan pipa pengeboran yang letaknya di kedalaman 80 meter juga terbakar. "Kebakaran itu terjadi saat hujan pertama Jumat lalu, atau saat listrik PLN padam," jelas Seno.

Seno juga mengaku saat ini sedang mengangkat panel dan pipa yang terbakar. Lantaran letaknya 80 meter di bawah tanah, maka proses tersebut membutuhkan waktu yang agak lama. Seno juga mengaku masih memiliki cadangan onderdil yang terbakar. Sehingga, jika proses pengangkatan lancar, maka bisa segera diganti dan operasi kembali. "Kita targetkan malam nanti (tadi malam) bisa kembali terpasang," kilahnya.

Terkait dengan aksi warga yang menjebol pipa PDAM, Seno mengaku memaklumi aksi tersebut. Pasalnya, pihaknya juga kewalahan membantu suplai air warga menggunakan tangki. Sehingga sengaja mengalirkan air melalui jaringan daerah bawah. "Nanti kalau sudah operasional, kita perbaiki lagi pipa yang dijebol itu," tegasnya. (dhy)



Post Date : 07 November 2006