Air Keruh, Pelanggan PDAM Kuras Kolam

Sumber:Suara Merdeka - 30 Januari 2009
Kategori:Air Minum

TEGAL - Belakangan ini air PDAM sulit keluar. Selasa (27/1) sore malah terhenti. Namun malam mulai sekitar pukul 19.00, air mengalir lagi. Namun pelanggan banyak yang kaget karena Rabu dini hari sekitar pukul 03.00, air tiba-tiba berubah menjadi keruh. Saat itu volume air yang keluar dari keran cukup besar.

Karena air kecoklat-coklatan, akibatnya kolam dipenuhi endapan kotoran. ’’Usai subuh kami terpaksa menguras kolam,’’ tutur Atun, seorang pelanggan. Mereka terpaksa harus menguras kolam karena Rabu pagi air mulai berangsur bening kembali.

Direktur PDAM M Iqbal kemarin belum berhasil dihubungi, demikian pula Kabag Teknik Ngatiri serta pejabat lainnya. Menurut staf di Bagian Umum Icih Rahayu, kemarin pimpinan mengadakan rapat anggaran. Rapat yang dipimpin Iqbal, diikuti oleh para kepala bagian, kepala seksi dan lainnya. Hingga pukul 15.00 kemarin, rapat masih belum selesai.

Ada Kerusakan

Beberapa karyawan yang tidak ikut rapat mengatakan, air mulai Selasa sulit mengalir karena ada kerusakan jaringan di sekitar sumber mata air Desa Bumijawa Kabupaten Tegal. ’’Hingga saat ini (Rabu siang kemarin-Red) di sana masih ada perbaikan,’’ tutur Ny Wati, staf Bagian Teknik.

Karena ada perbaikan, dia menambahkan, air sewaktu-waktu bisa menjadi kotor. Dia memperkirakan, air sudah normal kembali pada Rabu (28/1). ’’Karena itu saya menyarankan agar keran ledeng diputar malam hari, agar kotoran yang menempel di pipa distribusi sudah bersih kembali, dan air yang keluar benar-benar bening,’’ tuturnya.(aj-17)



Post Date : 30 Januari 2009