Air Karangkates untuk Malang Selatan

Sumber:Koran Sindo - 01 Desember 2011
Kategori:Air Minum
MALANG – Ribuan warga Kabupaten Malang bagian selatan yang selama ini kerap kesulitan air bersih bisa bernapas lega.Pasalnya,dalam waktu dekat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berencana mengalirkan air yang berada di bendungan Karangkates untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga di wilayah selatan. 
 
”Jujur kita kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih kecamatan yang berada di Malang daerah selatan karena daerahnya yang memang sangat kering. Makanya, kita akan usulkan air Karangkates ini menjadi solusinya,” ujar Direktur Umum PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi,kemarin. 
 
Menurutnya,saat ini PDAM telah memanfaatkan 40 sumber air bersih untuk mencukupi kebutuhan air sekitar 70.000 pelanggan.Kendati begitu, wilayah selatan masih belum terakses jaringan pipa air bersih karena datarannya yang tinggi. Bendungan Karangkates sendiri berada di Kecamatan Kalipare dan secara ketinggian cukup untuk menyalurkan air ke wilayah selatan Malang. 
 
”Karangkates lebih tinggi dari pada Sumbermanjing Wetan dan beberapa kecamatan yang belum mendapat akses jaringan air bersih,”ungkapnya. Selama ini, kebutuhan air bersih di beberapa kecamatan hanya dipasok melalui truk tanki PDAM.Antara lain,Kecamatan Kalipare,Bantur,Pagak, Donomulyo,serta Sumbermanjing Wetan. Ada ribuan warga yang berada di beberapa kecamatan ini. 
 
Saat musim kemarau, warga hampir selalu kekurangan air bersih. Saat musim penghujan saja, air bersih masih sulit didapatkan. Diperkirakan, bendungan Karangkates bisa memproduksi 200 meter kubik air/detik.Di sejumlah kacamatan tersebut, diprediksi ada 20.000 calon pelanggan. Bila usulan yang akan diajukan pada awal 2012 nanti disetujui,PDAM segera melakukan studi kelayakan. Saat ini, bendungan Karangkates dikelola Perum Jasa Tirta. 
 
Bisa jadi, air bersih tersebut akan juga akan disalurkan ke daerah Kabupaten Blitar. Semua tergantung kesepakatan antara Pemprov Jatim, PDAM maupun Perum Jasa Tirta. Sementara itu, Direktur Lembaga Perlindungan Konsumen Surabaya (LPKS) Paidi Pawiro Rejo saat berada di Kantor PDAM Kabupaten Malang mengatakan, pelayanan konsumen harus menjadi prioritas PDAM di daerah.
 
Pasalnya, selama ini seringkali layanannya dikeluhkan,mulai dari aspek produksi air bersih, manajemen, serta pelayanan konsumennya yang kurang bagus. ”Makanya kita melakukan survei ke beberapa PDAM yang mendapatkan penghargaan. Kita mengecek, apakah masih baik atau tidak,”tambahnya. 
 
Dikatakan, PDAM Kabupaten Malang masuk dalam penilaian Excelent Customer Service Award. Salah satu poin penilaiannya yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan air bersih dan akses jangkauan saluran air.zia ulhaq


Post Date : 01 Desember 2011