Air Bersih Mulai Langka di Cimahi

Sumber:Koran Sindo - 04 September 2012
Kategori:Air Minum
CIMAHI– Warga Cimahi mulai kesulitan memperoleh air bersih karena kemarau panjang. Warga pun terpaksa mengantre untuk mendapatkan air bersih. 
 
Antrean panjang jeriken air milik warga terlihat di RT 02/05 Kelurahan Cibabat,Kecamatan Cimahi Tengah,Kota Cimahi, kemarin.Warga terpaksa berjuang untuk memperoleh satu jeriken air bersih dari salah satu torn milik Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi. Salah seorang warga setempat, Yuyun Yuningsih, mengungkapkan, sejak dua bulan terakhir, warga sudah kesulitan memperoleh air bersih karena sumur-sumur milik warga mulai mengering. “Setiap hari, sejak pagi hingga tengah malam, warga mengantre air bersih,” ungkap Yuyun di lokasi antrean air bersih,kemarin. 
 
Selain air sumur yang sudah kering, kata Yuyun, air bersih yang disuplai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja pada sebagian warga pun sudah terbatas karena adanya penggiliran. Akibatnya,warga di daerah tersebut sangat menggantungkan diri pada bantuan air bersih yang disuplai Pemkot Cimahi. Menurut Yuyun, setiap hari,sekitar 200 jeriken air disimpan dalam antrean.Yuyun mengaku kecewa karena suplai air yang diberikan Pemkot Cimahi pun terbatas.Terlebih, satu-satunya torn air yang ada di wilayahnya tak hanya digunakan warga setempat, namun ada juga warga dari RW lain yang mengantre air bersih di torn tersebut. 
 
“Saya berharap, bantuan air bersih akan lebih banyak lagi mengingat warga yang membutuhkan pun sangat banyak,”harapnya. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Cimahi Sri Nurul mengakui,akibat kemarau, air bersih di Kota Cimahi kini sudah sangat terbatas. Bahkan, sumur-sumur bor yang dibangun pihaknya, volume airnya sudah menyusut drastis. Terlebih, debit air PDAM Tirta Raharja pun sudah berkurang banyak. Nurul mengungkapkan,selama tiga minggu terakhir, pihaknya sudah menyalurkan 83 tangki air bersih ke berbagai wilayah di Kota Cimahi. Dia menambahkan,warga yang membutuhkan air bersih bisa menghubungi langsung pihaknya. 
 
“Asal jelas alamatnya, kami akan kirimkan bantuan air bersih cumacuma,” tegasnya seraya mengaku sudah mengirimkan bantuan air bersih tambahan untuk menanggulangi antrean air di Kelurahan Cibabat. Sementara itu,Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Raharja Dadang Supriyadi belum bisa dimintai konfirmasinya. telepon selulernya tidak aktif. agung bakti sarasa


Post Date : 04 September 2012