Air Bersih Mancur di 5 SD

Sumber:Indopos - 01 Maret 2008
Kategori:Air Minum

KETAPANG-Bupati Noer Tjahja meresmikan sarana air bersih dan sanitasi di lima SD di Kecamatan Ketapang, Sampang, kemarin. Sarana utnuk program kebersihan dan kesehatan siswa SD ini bantuan dari United Nation-Word Fondation Program (UN-WFP) bersama Corgill Ltd.

Peresmian secara simbolis oleh bupati ditandai pengguntingan pita di SDN Bira Barat III dan SDN Bira Barat I Desa Bira Barat. Hadir Ketua DPRD KH Abd. Mu’in Zain, Wabup Drs KA. Fannan Hasib, Sekkab H Asyhar dan pejabat teras pemkab.

Peresmian disaksikan langsung Kepala Bidang Kompensasi Pangan Kantor Kementrian Koordinator Kesra Enal Tahir. Tampak juga Country Director and Representative WFP-Indonesia Angela van Rynbach dan President Director Corgill Asia Pasific Paul Conway.

Setelah menggunting pita, Noer Tjahja dan Fannan Hasib membuka pintu kamar mandi dan toilet SD. Lalu, membuka kran dan menikmati dinginnya air yang menyembur dari pipa yang terhubung ke tendon atas.

"Airnya sangat jernih. Jadi, saya rasa sangat steril dan bisa langsung dinikmati anak-anak," ujarnya.

Sebelumnya, President Director Corgill Asia Pasific Paul Conway di Pendapa Kecamatan Ketapang mengatakan, bantuan bangunan sarana air bersih dan sanitasi itu untuk memerbaiki dan meningkatkan kesehatan siswa SD di lingkungan sekolah dan kawasan sekitarnya. "Sehingga, kualitas dan taraf hidup siswa SD di Kabupaten Sampang bisa terus ditingkatkan," ujarnya.

Dijelaskan, bantuan yang diberikan khusus kepada anak-anak SD di Kabupaten Sampang merupakan yang terbesar dari korporasinya. "Ini kami lakukan karena bangsa Indonesia menerima kami dengan baik. Jadi, sudah wajar bila kami memberikan bantuan," ujarnya.

Kepada wartawan, Country Director and Representative WFP-Indonesia Angela Van Rynbach mengungkapkan, sebelum membantu negara-negara di Asia, pihaknya melakukan survei dan pemetaan kerawanan terlebih dahulu. "Hasilnya, Indonesia pada umumnya dan Sampang pada khususnya termasuk daerah yang paling membutuhkan bantuan," ungkapnya.

Ditegaskan, tujuan UN-WFP PBB maupun Corgill memberikan bantuan mata untuk meningkatkan taraf kesehatan lingkungan dan kualitas pendidikan anak-anak SD di Sampang. "Tidak ada misi khusus. Bantuan ini merupakan kepedulian perusahaan kami yang memang membidangi sektor kesehatan, pendidikan, dan lingkungan," tegasnya.

Sementara Bupati Noer Tjahja mengimbau masyarakat dan pihak sekolah penerima bantuan agar ikut menjaga fasilitas bangunan yang diberikan UN-WFP maupun Corgill. "Agar bantuan ini benar-benar memberi manfaat yang maksimal, tolong dirawat dan dijaga. Apa artinya dibantu bangunan sarana air bersih dan sanitasi kalau hanya seumur jagung," ingatnya. (c6/ed)

 



Post Date : 01 Maret 2008