Air Bersih 24 Jam Diuji Coba

Sumber:Koran Sindo - 09 Februari 2008
Kategori:Air Minum
PALEMBANG (SINDO) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang menyatakan sedang melakukan uji coba pengaliran air selama 24 jam untuk 27.000 pelanggan air bersih di dua wilayah Kota Palembang.

Kepala Bagian Perencanaan PDAM Tirta Musi Palembang Budi Susilo mengatakan, kawasan lain yang telah menikmati fasilitas air bersih selama 24 jam yaitu pelanggan di kawasan Rambutan. Kita ingin semua pelanggan dapat menikmati air bersih. Namun, akan kita lakukan bertahap,katanya kemarin.

Dia mengungkapkan, pihaknya berencana untuk mengembangkan sistem tersebut ke daerah lainnya.Sebab, target yang telah menjadi program akan segera tercapai pada akhir 2008 ini.Pihaknya menyatakan saat ini semakin meningkatkan pelayanan di masyarakat. Kawasan Kel Tangga Takat sebagian telah menikmati fasilitas itu.Ke depannya, mungkin kawasan Km IV,Kel 3 Ilir, Kec Sako, dan kawasan Seberang Ulu,terangnya.

Budi menegaskan,saat ini beberapa tempat yang dialiri PDAM selama 24 jam itu belum mengalir dengan optimal. Untuk itu, perbaikan jaringan dan saluran air di berbagai kawasan terus dilakukan.

Hidupnya memang 24 jam, tapi ada beberapa daerah yang 12 jam,sedangkan sisanya dibantu dengan mesin karena tenaga yang ada belum optimal.Jadi,jangan marah- marah jika nanti hidup airnya kecil atau tidak mengalir,ujarnya

Dia menambahkan,pihaknya sedang berupaya untuk melakukan pengawasan dan perbaikan pipa yang telah tidak layak lagi pakai. Sebab, untuk menunjang program tersebut, dibutuhkan jaringan yang baik dan kuat. Dengan begitu,tidak menimbulkan kerugian pada PDAM setiap tahunnya.

Setidaknya memperkecil angka kebocoran yang ada saat ini,sehingga tingkat keuntungan yang diperoleh cukup besar dari tahun 2007,tandasnya. Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Palembang Harmen Abbas mengatakan, sudah saatnya PDAM Tirta Musi meningkat pelayanan kepada pelanggan yang ada saat ini. Sebab, target yang telah ditentukan sekitar 80% masyarakat Palembang hampir terpenuhi.

Memang harusnya seperti itu jika PDAM ingin menjadi lebih baik dan terdepan dari daerah- daerah lainnya.Jadi,anggaran yang telah dikeluarkan tidak sia-sia, tegasnya kemarin.

Dia mengharapkan agar pihak PDAM terus meningkatkan pengawasan terhadap masyarakat yang mempergunakan fasilitas air bersih. Sebab, selama ini masih sering terjadi pencurian air di tingkat pelanggan, dan membuat kerugian yang cukup besar setiap tahunnya. Kita yakin jika pengawasan ditingkatkan program air bersih selama 24 jam akan tercapai,katanya. (edy parmansyah)



Post Date : 09 Februari 2008