Aceh Bakal Miliki TPA Terpadu

Sumber:Serambi News - 13 Februari 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDA ACEH - Untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, dalam waktu dekat akan dibangun sebuah tempat pembuangan sampah akhir (TPA) terpadu di Desa Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar.

Proyek yang menghabiskan dana sekitar Rp 105 miliar, meliputi tiga kegiatan yaitu TPA, pengelohan sampah menjadi produk, dan kebun energi untuk menghasilkan biodiesel. Fasilitas tersebut dibangun di atas areal seluas 200 hektare.

Rencana pembangunan TPA terpadu ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Aceh terhadap masalah sampah yang menjadi masalah utama pascatsunami. Untuk tahap pertama, kita targetkan bisa dimulai dalam tahun ini, kata Asisten II Setda Aceh, Usman Budiman dalam konferensi pers di ruang kerjanya, Selasa (12/2).

Untuk menindaklanjuti rencana tersebut, kata Usman, akan diadakan workshop mengenai manajemen sampah selama dua hari sejak Kamis hingga Jumat (14 15/2) di Anjong Mon Mata Banda Aceh. Workshop yang akan menghadirkan narasumber dari Jakarta dan Malaysia itu diikuti 200 peserta baik dari unsur Pemerintah pusat maupun dari pemerintahan daerah dan berbagai lembaga lainnya.

Dikatakan, pembangunan TPA tersebut atas kerja sama BRR Aceh Nias dengan pendanaan dari Multi Donor Fund (MDF) yang dikelola oleh Program Pembangunan PBB (UNDP) dan GTZ.

Pembangunan TPA terpadu tersebut, tambah Usman, sangat diperlukan mengingat TPA yang ada sebelumnya di Kampung Jawa Kota Banda Aceh tidak mungkin dipertahankan lagi. Sebab, sebagian lahannya telah menjadi laut akibat tsunami. Sehingga diperlukan lokasi lain untuk menampung sampah yang semakin meningkat volumenya pascamusibah tersebut.(jal)



Post Date : 13 Februari 2008