Pemkot Targetkan Kekuatan Air Bersih 2000 Liter per Detik

Sumber:penaone.com - 4 Juni 2013
Kategori:Air Minum

Pemerintah Kota Pontianak menargetkan pemaksimalan kualitas pelayan air bersih yang diberikan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Pontianak. Bahkan, pemerintah menargetkan 2000 liter per detik kekuatan penyaluran air bersih bisa dilakukan PDAM, meskipun saat ini PDAM baru bisa mencapai kekuatan 1400 liter per detik.


Walikota Pontianak Sutarmidji, memastikan tahun 2015 mendatang, proyek dalam rangka peningkatan kualitas air bersih bisa selesai.


“Saat ini kita sudah mulai dengan pembangunan sejumlah boster dengan kekuatan pipa disesuaikan kapasitas kawasan tersebut,” katanya kepada wartawan, Selasa (4/6/2013).


Menurutnya, masalah air bersih adalah masalah bersama yang harus dituntaskan pemerintah dalam waktu dekat ini hingga hingga masa jabatan kepala daerah berikutnya.


“Siapapun kepala daerahnya, kita harap pembangunan ini bisa dilaksanakan. Masalah air bersih ini adalah persoalan yang harus dan mau tidak mau menjadi penting. Makanya, kita buat boster di beberapa kecamatan dengan harapan serapan air ke masyarakat bisa lancar dan bersih,” paparnya.


Tahun 2015 mendatang, selain kapasitas yang meningkat, kualitas air pun akan semakin baik, salah satunya bebas asin.


“Kualitas air akan bersih dan bening, tidak akan ada asin lagi,” ucapnya.


Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Arif Joni Prasetyo, meminta agar masalah air bersih harus diprioritaskan karena masalah pelayanan air bersih sudah mendesak dibutuhkan masyarakat Kota Pontianak.


“Ini masalah umat dan sudah bukan rahasia umum lagi jika pelayanan air bersih kita belum maksimal. Untuk itu, prioritas ini sudah masuk katagori wajib karena beban pelayanan yang ditanggung PDAM belum menjawab kebutuhan air di Kota Pontianak,” terangnya.



Post Date : 05 Juni 2013