Muda: Swastakan Pengelolaan Air Bersih

Sumber:equatornews.com - 11 April 2013
Kategori:Air Minum

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan, tidak terlepas kemungkinan pengelolaan pihak swasta pada pelayanan publik secara kemitraan.

“Kita menawarkan para pengusaha muda yang tergabung di HIPMI Kubu Raya ini, mendatangkan pengusaha-pengusaha yang berkecimpung di pengelolaan air bersih, listrik dan sampah. Ada zona penyaluran air bersih di sejumlah Kecamatan yang bisa ditangani,” kata Muda Mahendrawan, Rabu (10/4).

Bupati Muda mengungkapkan demikian di hadapan Rapat Badan Pengurus Lengkap dan Silaturahmi BPC HIPMI Kubu Raya dengan Pemkab Kubu Raya, di meeting hall Graha Pena Kalbar.

Bupati KR menyatakan Pemkab mengapresiasi lahirnya BPC HIPMI Kubu Raya sebagai mitra sejajar Pemerintah, khususnya dalam memajukan dunia usaha untuk membangun daerah.

“Adanya pengusaha-pengusaha muda yang kreatif dan inovatif dapat bersinergi mendukung program-program Pemkab Kubu Raya. Sasarannya meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup layak bagi masyarakat,” kata Muda.

Bupati mengatakan, Pemkab Kubu Raya sudah memulai tahapan pekerjaan saluran air bersih. Harapannya, investor yang masuk ke Kubu Raya dapat membantu pemerintah mengelola proyek tersebut lebih berdaya guna.

“Hingga saat ini, sudah beberapa tahun anggaran kami mencicil pekerjaan saluran air yang nanti dapat digunakan investor, untuk mengelola air bersih.

Kita tidak boleh membiarkan masyarakat kita yang masih terkena diare, muntaber, penyakit kulit dan lainnya yang disebabkan oleh kekurangan air yang tidak higienis,” tegas Muda

Pemkab Kubu Raya, lanjutnya, memberi kebebasan investor untuk mengelola air bersih asalkan tujuannya untuk peningkatan pelayanan kesejahteraan masyarakat.

“Mungkin jika perusahaan pengelola air bersih tersebut sudah hadir di Kubu Raya, kami persilakan mereka untuk menentukan tarif sendiri. Peningkatan pelayanan penyediaan air bersih pasti akan meningkat,” jelas Muda.

Bahkan Pemkab memberikan waktu seluas-luasnya bagi para pengusaha yang akan memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun.

“Silakan saja perusahaan swasta selama periode waktu tertentu menggunakan pipa-pipa atau saluran air yang sudah kami buat,” tawar Muda.

Lebih jauh, Pemkab KR juga menyilakan pengusaha untuk membangun sumber air bersih alias sumber baku di wilayahnya. Terlebih, sumber baku untuk PDAM Kota Pontianak sudah makin terdesak oleh ketersediaan air baku yang langka.

Sementara pencemaran Sungai Kapuas kian tahun meningkat oleh limbah manusia, limbah kimia berupa deterjen dan shampoo yang semuanya bermuara ke Sungai Kapuas. Tidak terlepas di masa depan kemungkinan, Kota Pontianak akan membeli air bersih dari Kubu Raya.

Buka akses informasi dan permodalan

Sementara itu, Rapat DPC HIPMI Kubu Raya menyimpulkan perlunya memperbarui kemampuan di bidang teknologi dan informasi, guna membuka akses pasar baru, diversifikasi produk, serta akses permodalan.

“Itu merupakan beberapa strategi yang dapat kita jalankan untuk menghadapi persaingan usaha yang makin ketat masa mendatang,” kata Mohamad Qadhafy, Ketua Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kabupaten Kubu Raya, pada Silaturahmi dengan Pemkab Kubu Raya, di Graha Pena.

HIPMI Kubu Raya, katanya, berharap dapat menjadi pendorong dalam memantapkan daya saing pengusaha Indonesia ke depan.

Pada kesempatan itu, Bupati Muda Mahendrawan mengharapkan agar HIPMI KR dapat memprioritaskan investasi, terutama pada bidang pelayanan publik, seperti masalah air, listrik dan pertanian.

Qadhafy menambahkan, HIPMI memiliki networking yang luas, di dunia usaha seantero negeri ini. Contoh beberapa daerah seperti di Dumai, Riau, sudah menswastanisasi pengelolaan air bersihnya dan itu adalah karya teman-teman HIPMI.

Keseriusan HIPMI Kubu Raya dalam membantu pemerintah sudah sangat matang, sehingga beberapa komponen organisasi se-Kalbar sedang berupaya menyukseskan program mulia tersebut.

“Sebagai Ketua HIPMI Kubu Raya, Ketua Umum Kalbar Arief Kamatresna, dan Korwil Tengah Iwan Gunawan, akan menyegerakan permintaan Bupati tersebut. Kami berharap pelayanan publik di Kubu Raya maupun Kalbar akan menjadi lebih baik dengan peran serta kami,” papar Qadhafy.



Post Date : 12 April 2013