Jutaan Anak Mati Setiap Tahun Akibat Minum Air Tercemar (2)

Sumber:republika.co.id - 13 Mei 2014
Kategori:Air Minum
REPUBLIKA.CO.ID, SAHARA --- Satu dari sepuluh orang di dunia dilaporkan tidak mendapatkan akses air bersih yang cukup. Lalu lebih dari sepertiga isi planet ini atau 36 persen dilaporkan tidak memiliki akses sanitasi dasar.

Data yang dikumpulkan PBB juga menunjukkan bahwa setengah tempat tidur rumah sakit terisi oleh pasien akibat penyakit yang ditularkan lewat air. Ketiadaan akses air bersih terbukti menghancurkan kesehatan masyarakat.

"Kebanyakan anak-anak kecil yang tertular," kata ibu yang baru saja kehilangan anaknya akibat tertular diare dan peneumonia, Yenge Koroma, seperti yang dikutip CNN, Selasa (13/5).

Tahun lalu, UNICEF dan WHO meluncurkan Joint Action Plan untuk membantu masyarakat mendapat akses air bersih.Gerakan yang dinamakan AirAid ini mencoba menghadang penularan diare dan pneumonia.

Kegiatan yang dilakukan misalnya memberikan vaksin dan perawatan seperti garam rehidrasi oral. Selain itu penduduk dibimbing agar menjaga kebersihan dan pengetahuan tentang sanitasi dasar untuk pencegahan kedua penyakit pembunuh jutaan anak tersebut.


Post Date : 13 Mei 2014