Sampah, bom waktu warga Surabaya

Sumber:whatindonews.com - 15 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Sampah saat ini menjadi ancaman serius bagi Surabaya, kondisi itu akan semakin berdampak pada lingkungan. Dengan terus bertambahnya jumlah penduduk di Surabaya, setidaknya Pemerintah Kota Surabaya mulai sekarang harus punya strategi khusus mengatasi sampah yang dihasilkan warga.

Meski kondisinya sekarang masih teratasi, mulai dari distribusi sampai pengumpulan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Terakhir) Benowo. Namun demikian persoalan sampah yang menggunung seolah akan menajdi bom waktu tersendiri bagi warga Surabaya. Maklum saja, jika hal ini gagal teratasi makan Surabaya siap-siap jadi kota sampah.

Sampah kadang juga membuat persoalan semakin pelik saja, bayangkan Ibukota Jakarta yang merupakan kota metropolis terbesar di Indonesia harus berjuang mati-matian untuk mengatasi bencana banjir. Semua itu terjadi akibat sistem pengolahan sampah yang tak teratur, sungai yang seharusnya menjadi media pengairan untuk menampung daya air hujan dijejali dengan sampah.

Mochammad Mahmud Ketua DPRD Surabaya menjelaskan, persoalan sampah tidak bisa dianggap remeh, karena kondisinya sekarang ini sudah perlu diperhatikan serius. Jumlah sampah yang sekarang masuk ke TPA Benowo, setiap hari terus meningkat bahkan tidak ada pengurangan yang signifikan.

“Meski sudah ada upaya pengolahan sampah mandiri, yang dilakukan warga Surabaya, namun tetap harus ada penanganan lebih serius. Berapa banyak sih masyarakat yang sudah mengolah sampahnya sendiri, meski tidak mengecilkan arti mereka, pengolahan sampah mandiri akan sangat bagus jika dilakukan sampai di tingkat lingkungan RW, syukur-syukur jika itu bisa dilaksanakan secara bersama,” jelasnya saat dikonfirmasi whatindonews.com.

Sebelum masalah datang, seperti gugatan dari warga dan kendala lainnya, maka mulai sekarang Pemerintah Kota Surabaya harus mengambil langkah tepat. “Agar persoalan sampah ke depan, tidak menjadi masalah yang serius dan tidak teratasi," tegas Mahmud Sabtu (15/6/2013).

Sementara sampai sekarang, di beberapa kampung dan kawasan pemukiman lainnya, termasuk di sungai-sungai Surabaya, masih banyak ditemui warga yang membuang sampah seenaknya. Dengan kondisi itu menunjukkan, kalau tidak semua warga punya kesadaran tinggi, untuk mengatasi persoalan sampah, yang setiap hari mereka hasilkan dari kegiatannya.

 



Post Date : 17 Juni 2013