Buku Putih Sanitasi Kabupaten Gunungkidul, September Tahun 2010

Pengarang:Pokja Sanitasi Kabupaten Gunungkidul (kata pengantar)
Penerbit:Gunung Kidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, 2010; x,121 hal + tabel + gambar + lampiran (29 hal)
No. Klasifikasi:363.725.983.403 BUK
Kata Kunci:Buku Putih Sanitasi, Kabupaten Gunung Kidul, Pembangunan Sanitasi, AMPL
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku Putih Sanitasi Kabupaten Gunungkidul merupakan potret kondisi sanitasi pada saat ini, yang menggambarkan tingkat layanan, profil dan permasalahan sanitasi yang ada di Kabupaten Gunugkidul. Sektor sanitasi yang dijelaskan dalam buku ini mencakup sektor air limbah, persampahan, drainase lingkungan dan penyediaan air minum. Selain itu, dijelaskan pula kondisi kesehatan lingkungan secara umum, penanganan limbah medis, limbah industri dan program PHBS.

Dengan disusunnya Buku Putih Sanitasi ini diharapkan pembangunan sanitasi di Kabupaten Gunungkidul dapat lebih terarah untuk dapat menciptakan kondisi sanitasi yang baik bagi masyarakat yang pada akhirnya diharapkan taraf kehidupan, kesejahteraan dan kesehatan masyarakat dapat mencapai target sesuai target pembangunan Kabupaten Gunungkidul maupun target program PPSP serta MDG's.

Penyediaan air minum bagi masyarakat Kabupaten Gunungkidul masih menjadi masalah. Jalur perpipaan PDAM yang telah menjangkau hampir seluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul belum mampu mengalirkan air secara kontinyu. Hal ini menyebabkan masyarakat masih harus membeli air pada musim kemarau, padahal di dalam tanah terdapat sumber air  bawah tanah yang sangat melimpah yang berpotensi untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

 



Post Date : 11 September 2012