120 tong sampah untuk Warga Katulampa Bogor Timur

Sumber:bogornews.com - 20 Mei 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor  membagikan 120 tong sampah untuk warga RW 10 Griya Katumpa Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Pembagian tong sampah itu merupakan program DKP dalam upaya mengatasi persoalan  sampah rumah tangga di Kota Bogor.

Tong-tong sampah  tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pengelolaan Sampah (PPS) pada DKP Ir. Tetty Sovia Msi yang diterima Ketua RW 10 Drs. Komar Ismajaya, di Aula RW 10 Griya Kelurahan Katulampa Bogor Timur, Senin (20/5/2013).

“ Ini kali pertama pembagian tong sampah untuk warga yang merupakan program DKP tahun 2013. Selanjutnya, akan kita bagikan secara bertahap  diwilayah lainnya di Kota Bogor, “ kata Tetty usai menyerahkan tong sampah.

Tetty menyebutkan, program pembagian tong sampah tersebut dikhususkan di lokasi sekitar TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) dengan Konsep 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). “ Dari 11 lokasi TPST yang ada di Kota Bogor salah satunya di area Perumahan Griya Katulampa, “ ujarnya.

Menurut Tetty, setiap warga mendapatkan dua tong sampah, yaitu untuk sampah organik dan non organik.  “ Ada 1200 tong sampah atau 6000 set yang kita bagikan kepada warga Griya Katulampa, “ kata Tetty.

Selain pembagian tong sampah juga diserahkan 600 lembar brosur untuk 600 rumah di Griya Indah.   Dalam brosur tersebut berisi penjelasan tentang pemilahan sampah yang terpampang disetiap rumah. “Ini kita bagikan untuk  memberikan penjelasan kepada warga mengenai pemilahan sampah, “  jelasnya.

Lebih lanjut Tetty mengatakan,  pembagian tong sampah dan brosur merupakan insiatif Pemkot melalui DKP, karena warga telah mendukung dan berperan aktif mengelola sampah dengan kosep 3R. 

“Kita berharap kedepan dengan peran  aktifnya  masyarakat dalam mengelola sampah di lingkungannya akan terwujud lingkungan yang bersih dan hijau, “kata dia.
    
Sejak tahun 2012 lalu, lanjut Tetty,  telah dibangun 11 TPST dengan konsep 3R di wilayah Kota Bogoor.  Ke 11 TPST tersebut  berlokasi di Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur (Griya Katulampa dan Mutiara Bogor Raya) Kelurahan Menteng Bogor Barat (UPTD Rusunawa), Kelurahan Kertamaya dan Mulyaharja Bogor Selatan, Kelurahan Ciparigi Bogor Utara, Kelurahan Cibadak, Kayumanis, dan Kelurahan Sukadamai Tanah Sareal,  Kelurahan Bantarjati dan di Kelurahan Tegal Gundil (Indraprasta)  Kecamatan Bogor Utara.

“ Dari 11 TPST, diantaranya 10 TPST berbasis masyarakat, dan satu TPST berbasis aparatur yakni TPST Indraprasta Tegal Gundil, “ terangnya.

Untuk tahun 2013 ini, direncanakan akan dibangun di dua lokasi yaitu  RW 13 Kelurahan Kencana Tanah Sareal dan di sekitar Pusdikzi Zeni Kelurahan Laewang Gintung Bogor Selatan.  “ Khusus TPST yang akan dibangun di RW 13 Kencana Tanah Sareal merupakan bantuan dari APBD Provinsi Jabar, “ imbuhnya.



Post Date : 21 Mei 2013