185 Desa dan 12 Kelurahan Rawan Kekeringan

Sumber:Suara Merdeka - 12 Agustus 2013
Kategori:Air Minum

Sebanyak 185 desa dan 12 kelurahan di Blora masuk kategori rawan kekeringan. Salah satu indikasinya, warga di desa dan kelurahan itu sulit mendapatkan air bersih seiring datangnya musim kemarau hampir setiap tahun. Pemkab Blora menyikapinya dengan memberikan bantuan air bersih di desa dan kelurahan tersebut.

"Tahun ini Pemkab menganggarkan dana sekitar Rp 150 juta untuk bantuan air bersih di desa dan kelurahan rawan kekeringan," ujar Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Blora, Sri Handoko, melalui Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Ignatius Ary Soesanto, Minggu (11/8).

Namun diperkirakan jumlah tersebut tidak akan cukup. Sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, permintaan bantuan droping air bersih akan semakin meningkat memasuki pertengahan musim kemarau. Apalagi berdasarkan data yang ada, jumlah desa yang rawan kekeringan tidak banyak mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya.

"Kalaupun kurang, kami akan minta bantuan ke pihak lain seperti Pemprov Jateng melalui Bakorlin I Pati," tandasnya.

Musim kemarau tahun ini diperkirakan akan berlangsung hingga November. Karena itu droping air bersih hendaknya dilakukan lebih selektif. Artinya, hanya warga yang membutuhkan air dan mengajukan permintaan yang akan dikirimi bantuan. '

"Untuk menghindari tumpang tindih pendistribusian, lembaga lain yang hendak memberikan bantuan hendaknya berkoordinasi terlebih dulu dengan instansi kami," kata Ary Soesanto.

Dia mengungkapkan bantuan air bersih pertama tahun ini diawali di enam desa di Kecamatan Jati, belum lama ini. Ke-6 desa itu adalah  itu  Desa Doplang, Desa Singget, Desa Jati, Desa Gabusan, Desa Randulawang dan Desa Pengkoljagong. Desa-desa tersebut rawan kekeringan saat musim kemarau. Bantuan sebanyak 28 tangki (satu tangki 5.000 liter) diberikan Pemkab setelah keenam desa itu mengajukan permintaan melalui pemerintah kecamatan.

"Kami membuka pintu bagi pemerintah dan masyarakat desa yang mengajukan bantuan air bersih," ujarnya.



Post Date : 12 Agustus 2013