BPPSPAM Janji Bantu Atasi Masalah Air Bersih

Sumber:balipost.com - 29 Desember 2014
Kategori:Air Minum

Masalah air bersih di Kecamatan Nusa Penida hingga kini belum mendapat solusi yang jelas. Sepanjang tahun masyarakat setempat khususnya di perbukitan menjerit kesulitan air bersih. Namun, Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementrian PU RI berjanji akan membantu PDAM Klungkung, mengatasi masalah air bersih di Nusa Penida yang baru terlayani hanya 16 persen.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Klungkung, Wayan Baru, Senin (29/12/2014). Janji itu disampaikan pihak BPPSPAM kepada DPRD Klungkung saat melakukan kunjungan kerja di kantor setempat belum lama ini bersama PDAM Klungkung. Politisi Partai Gerindra asal Nusa Penida ini, menegaskan BPPSPAM katanya prihatin melihat kondisi Kecamatan Nusa Penida yang mayoritas masyarakatnya belum tersentuh air bersih. Oleh karena itu, setelah mendengar pemaparan masalah dari pihak legislatif Kabupaten Klungkung, BPPSPAM katanya akan segera menurunkan tim khusus untuk meninjau kondisi sebenarnya di Kecamatan Nusa Penida tahun depan.

Baru mengatakan, BPPSPAM berjanji akan membantu menaikan air dari sumber mata air yang ada di Nusa Penida. Sumber mata air yang sudah dikelola PDAM seperti Penida maupun sumber air Guyangan, volume produksinya akan dimaksimalkan. Sementara sumber air lain yang belum tergarap, dikatakan akan dibantu dinaikan sekaligus dengan pendistribusian ke rumah-rumah warga. Namun, berapa BPPSPAM akan menganggarkan bantuan ke Klungkung, belum dapat dipastikan, sebelum melakukan peninjauan khusus ke Nusa Penida. Namun, setelah menerima bantuan, BPPSPAM menyarankan agar PDAM tidak menjual air bersih hasil produksi dibawah ketentuan atau dibawah biaya produksi.



Post Date : 30 Desember 2014