Warga Kalirejo tagih janji bupati

Sumber:sindonews.com - 15 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Warga Desa Kalirejo, Kokap menagih janji bupati yang akan menyalurkan air dari Waduk Sermo ke desa mereka. Rencananya penyaluran air dilakukan dengan memasang mesin pompa.

Kepala Desa Kalirejo Lana mengatakan, janji orang nomor satu di Kulonprogo terucap saat pemerintah desa mengajukan usulan tersebut beberapa waktu lalu. 

“Pak bupati menjanjikan tahun 2013 ini bisa terlaksana. Tapi tidak tahu kapan, pertengahan tahun ini atau akhir,” kata Lana, Rabu (15/5/2013).

Menurut dia, jika mesin pemompa air jadi dipasang, maka persoalan kekurangan air bersih di wilayahnya saat kemarau segera teratasi.

Menurut dia, sembilan dusun di desa tersebut memiliki titik krisis air bersih.

“Sembilan dusun yang rawan kekurangan air bersih bisa teratasi, kalau jadi. Aliran air bisa melewati Papak, Sengon, sebagian Kalibuko II, Plampang III, dan Plampang II. Di Kalirejo yang paling parah itu ada di Kampung Gunung Agung Dusun Plampang I,” jelasnya.

Dia mengatakan, DPU Kulonprogo memang sudah melakukan pengukuran.
Karena itu warga berharap pengadaan mesin pemompa segera teralisasi, agar krisis air bersih segera teratasi.

Sekertaris Desa Kalirejo Jemingin menambahkan, di Dusun Gunung Ijo sebenarnya ada sumber mata air yang memiliki debit cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. Akan tetapi untuk mengakses sumber air tersebut, harus menggunakan teknologi gravitasi bumi.

“Kami sudah pernah mengajukan permohonan ke Kementrian PU tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut. Padahal dari pemkab dan provinsi sebelumnya sudah pernah mengecek langsung ke lokasi,” tambahnya.



Post Date : 16 Mei 2013