Murid SD Diajarkan Langkah Hemat Air

Sumber:Antara News - 28 Februari 2013
Kategori:Air Minum
Murid SD di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, saat ini mulai diberikan pelajaran mengenai delapan langkah penghematan air.

Pelajaran tersebut diberikan oleh petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin, ujar Kepala Divisi Humas PDAM Bandarmasih Hj Siti Nursiah, kepada wartawan, Rabu.

Menurut dia, dalam pembelajaran melalui kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara bertahap tersebut, siswa diberikan pengetahuan mulai dari menghemat air PDAM, pengelolaan air limbah, hingga membuat daerah atau sumur resapan air.

"Sekarang memang baru beberapa SD yang diberikan penyuluhan seperti SDN Kelayan Dalam, nantinya terus ke SD lainnya yang jumlahnya ratusan SD," katanya.

Menurut Siah, tujuan dilakukannya penyuluhan tersebut, agar para siswa SD yang menjadi bagian dari masyarakat di kota itu, mulai usia dini sudah terbiasa untuk membudayakan hemat air. Sehingga ke depan, ketersediaan sumber daya dan produksi air bersih yang diberikan PDAM bisa terus terjaga.

"Kita ingin mereka lebih paham dan menularkan budaya hemat air ini mulai dari diri sendiri, teman, hingga keluarga dan lingkungan," katanya.

Nursiah menjelaskan, dalam delapan langkah atau trik menghemat air yang diberikan tersebut, ada beberapa cara yang perlu dilakukan yakni, manfaatkan air secara optimal, cegah kebocoran, dan jangan biarkan kran air terbuka terus menerus.

Kemudian, ketika melakukan aktivitas menggosok gigi, muka, atau mencukur, kran jangan dibebaskan mengucur, sebab bila air mengucur selama satu menit saja, maka sekitar sembilan liter air bisa terbuang sia-sia dan mubazir.

Selain ketika sedang mencuci kendaraan terutama mobil, diupayakan dengan menggunakan lap dan menampung air dengan ember, jangan sampai mobil justru dicuci dengan mengguyur selama setengah jam yang berarti ratusan liter air turut terbuang.

"Kalau mencuci pakaian, piring, juga jangan di kran langsung, gunakan saja bak-bak penampungan air atau ember. Apalagi kalau mandi dengan berendam, juga merupakan tindakan yang boros air," katanya.

Nursiah berharap, dengan beberapa langkah penghematan yang diberikan tersebut, ketersediaan sumber dan air bersih di kota itu bisa terus terjaga, dan pada akhirnya semua bisa menikmati, sekaligus untuk ketersediaan air di masa datang. /D.

Post Date : 28 Februari 2013